Segala sesuatu semakin lama akan mengalami pergeseran. Termasuk dalam hal ini adalah trend bisnis 2022 yang tentu saja berbeda dengan trend di tahun sebelumnya. Mungkin dalam kurun beberapa tahun yang lalu menjual batu akik atau tanaman gelombang cinta menjadi bisnis yang sempat trending. Namun lihatlah saat ini. Mungkin masyarakat mulai paham alur ‘monkey business’ dan saat ini mulai meninggalkannya.


Sebagai seorang yang akan meniti karier bisnis sendiri dan dari awal, kamu tentu harus melihat peluang yang benar-benar ada dan nyata di pasaran, entah peluang yang diciptakan atau benar-benar muncul dengan alamiah. Bagi kamu yang ada di rumah dan ingin meniti bisnis kamu sendiri, berikut ini beberapa trend bisnis 2022 yang bisa kamu jadikan referensi dalam memulai bisnis kamu. 

Penjualan Produk Digital

Tahukah kamu bahwa kegiatan work from home atau school from home menjadikan peluang baru dalam bisnis digital?  Dengan melakukan pembelajaran jarak jauh, masyarakat mulai terbiasa dengan pelajaran yang di sampaikan oleh para tutor dari video. Ini membuka kesempatan dan peluang untuk penjualan produk digital seperti penjualan ebook, kursus online dan bisnis sejenisnya.

 

Banyak didapati bimbingan pelajaran bahasa arab, atau inggris yang di lakukan melalui saluran online. Ini merupakan peluang bisnis. Bahkan pemerintah sendiri melalui program prakerja memberikan bimbingan ketrampilan kkepada masyarakat yang membutuhkan bekerja sama dengan vendor kursus online. Meskipun program ini kontroversial karena menyedot keuangan besar, namun hal ini membuktikan bahwa bisnis semacam kursus online menjadi salah satu trend bisnis 2022 yang menjanjikan.

Penjualan Dropship

Penjualan dropship atau biasa disebut dropshipping adalah salah satu peluang bisnis di rumah yang populer di tahun 2022. Dengan sistem dropshipper kamu bisa membeli produk langsung dari pemasok atau produsen dan mengirimkannya ke pelanggan kamu. Dropshipping memiliki hambatan dan resiko yang rendah dibanding kamu menjual secara langsung dengan membeli stok.

 

Selain tanpa harus menyimpan stok kamu tidak akan dipusingkan perihal pengiriman produk, karena pemasok kamu yang akan menanganinya. Keuntungannya adalah kamu dapat menawarkan berbagai produk yang berbeda, artinya kamu bisa menjadi dropshipper dari berbagai pemasok. Jika pemasok menyediakan produk, kamu dapat mencantumkannya di toko online kamu tanpa harus menyimpan stok. Hanya bermodal gambar dan juga informasi produk saja.

Bisnis Print on Demand

Print on Demand adalah peluang bisnis potensial yang besar bagi kamu yang bekerja dirumah. Mencetak sesuai permintaan bukan berarti kamu bergerak dalam bidang percetakan saja. Istilah ini hanya untuk memudahkan bahwa bisnis ini bergerak dalam hal penjualan barang dengan spesifikasi tertentu dan kamu akan membuat barang tersebut sesuai dengan permintaan.

 

Bisnis ini biasanya meliputi penjualan produk pakaian, cover smartphone, sarung bantal dan sebagainya. kamu bisa memanfaatkan ketrampilan yang kamu miliki baik itu desain, menjahit, dan ketrampilan dalam hal produksi lainnya. Karena desain atau spesifikasi tersebut merupakan costum dari pelanggan maka harganya pun bisa lebih tinggi dari barang pabrikan yang dibuat secara massal.

Penjualan Barang Handmade

Pada masa awal pandemi covid, banyak bisnis yang terbengkalai, dan sebagian orang yang memiliki kemampuan untuk membuat sesuatu mulai membuat karya dari tangan mereka sendiri. Baik itu produk olahan makanan, asesoris rumah, dan berbagai barang lainnya. kamu bisa memulai dengan membuat dan menjual barang tersebut.

 

Biasanya kaum wanita yang memerlukan pernak-pernik yang pernak pernik kewanitaan tersebut bisa dijadikan komoditas bisnis. Berbagai tas rajut dari ketelatenan tangan banyak ditemukan di situs penjualan online. Selain itu banyak juga kerajinan yang dibuat daei barang yang sudah tidak terpakai, tinggal bagaimana cara menuangkan kreatifitasnya.

Jual Fotografi

Jika kamu memiliki hoby fotografi, kamu bisa menjual hasil karya kamu ke berbagai situs penyedia foto premim di dunia maya seperti Shutterstock, DevianArt dan situs sejenisnya. kamu bisa mempelajari berbagai teknik fotografi di internet. Dengan mengasah kemampuan kamu, maka kamu aan menjadi profesional.

 

Kuncinya adalah ketelatenan dan pastikan kamu harus memfokuskan pada satu sepsialisasi. Seperti bunga, landskap , binatang dan sebagainya. Untuk membuka peluang lebih besar, kamu bisa menjual gambar fotogradi kamu tidak hanya pada satu situs saja.

Bermain Video Game

Dari berbagai jenis bisnis yang bisa kamu ambil, mungkin trend bisnis 2022 yang paling konyol adalah bisnis ini. kamu hanya perlu mengasah kemampuan bermain game dan kamu akan mendapatkan uang. Jika kamu membicarakan hal ini di tahun 2000 mungkin kamu akan disebut gila. Namun hal ini terjadi di tahun 2022.

 

kamu bisa mendapatkan uang dari siaran live bermain video game di media sosial. Selain itu kamu bisa membuka saluran untuk mendapatkan uang di YouTube atau mepublikasikan live game kamu di Twitch.Tv.

Menjadi freelance

Freelancing adalah salah satu peluang bisnis online yang paling umum. Menjadi freelancer berarti kamu adalah seorang wiraswasta dan tidak berkomitmen pada perusahaan di jangka panjang. Ini memungkinkan kamu untuk bermanuver kemanapun kamu akan pergi. Sama halnya dengan kamu menciptakan pekerjaan dengan kamu sebagai bos bagi diri kamu sendiri.

 

kamu akan menuju bisnis online yang sukses dengan menjadi freelance dengan jalan memperbaiki kemampuan dan skill kamu meskipun pada akhirnya kamu akan memasuki pasar yang kompetitif. Tetapi jika kamu memiliki seperangkat keterampilan yang telah kamu bangun selama bertahun-tahun, , ada penghasilan yang menanti.

 

kamu dapat menyalurkan keterampilan seperti desain web, pemasaran, copywriting, atau aplikasi yang berkembang menjadi bisnis rumahan yang menguntungkan. Selain itu yang paling vira saat ini adalah jasa pembuatan atau konversi dari foto ke gambar vektor. Pekerjaan ini membutuhkan ketrampilan dan keuletan yang tinggi.

Menjadi Influencer

Jika kamu memiliki kemampuan mengorganisir orang banyak dan memilik ketrampilan dalam pembuatan konten yang menarik, sekarang saat yang tepat untuk meningkatkan reputasi kamu sebagai influencer media sosial. Meskipun kedengarannya seperti salah satu peluang bisnis yang dibuat-buat, ini menjadi usaha yang menguntungkan bagi orang-orang di berbagai industri. Bahkan melalui aktivitas yang remeh seperti berkebun, memasak, melakukan perjalanan, dan bahkan pengasuhan anak.

 

Mungkin perlu sedikit waktu untuk membangun reputasi kamu secara online, tetapi jika kamu memiliki topik yang kamu sukai dan ingin kamu bicarakan, kamu dapat menghasilkan uang dengan menumbuhkan audiens yang terlibat di media sosial. Perbanyak pengikut dan penyuka, buat konten yang menarik dan pelajari Facebook marketing yang bisa kamu jadikan sarana untuk meraih popularitas.