Kalau kita punya bisnis tentunya kita akan banyak terlibat dalam melakukan brainstorming, seperti bagaimana caranya meningkatkan penjualan melalui inovasi ataupun penguatan branding. Tapi, kita akan highlight betapa pentingnya inovasi bagi sebuah bisnis.


Pertama, ketahuilah bahwa satu-satunya alasan mengapa sebuah bisnis bertahan begitu lama hingga puluhan tahun adalah karena inovasi yang dilakukannya. Kita ambil contoh dalam industri penerbangan misalnya, kalau misalnya maskapai A tidak melakukan inovasi dan tetap stay pada pendiriannya yaitu tidak ingin merambah ke digitalisasi dan tidak pernah melakukan penyegaran terhadap unit pesawatnya yang sudah tua. Maka lambat laun, bisnis tersebut akan kolaps karena gentingnya persaingan.


Ya wajib kita sepakati bahwa bisnis memang penuh dengan persaingan, kalau kita tidak jeli melihat peluang, bisa jadi peluang tersebut akan diambil oleh kompetitor kamu, karena kompetitor kamu terus melakukan inovasi, baik itu tentang cara penjualannya, maupun struktur internalnya dari kultur perusahaan.


Bisnis mempunyai tujuan utamanya yaitu mendapatkan keuntungan dari produk atau jasa yang dijual, dengan adanya inovasi, para pengusaha tentunya dapat memformulasikan data-data menjadi actionable insights. Karena sejatinya, bisnis hadir untuk menyelesaikan masalah manusia, seperti misalnya kita yang tinggal di negara tropis mempunyai masalah panasnya suhu ruangan ketika musim kemarau, hadirlah solusi seperti air conditioner, karena demandnya tinggi, produk AC bisa laku sangat keras di pasaran. 


Tapi, mereka juga tentunya tidak berhenti berinovasi, orang yang tinggal di negara dengan 4 musim, termasuk salah satu di antaranya adalah musim dingin barnagklai akan membutuhkan kehangatan, sehingga fungsi air conditioner bisa menghangatkan dan bisa juga mendinginkan, tentunya sebuah inovasi yang sangat mengubah kehidupan manusia!


Contoh lainnya dari berinovasi dalam bisnis adalah startup-startup lokal atau yang dulunya mantan startup kini sudah IPO. Mereka kan rata-rata bergerak di industri digital, seperti misalnya Tokopedia sebagai pemimpin ecommerce di Indonesia, berulang kali membuat terobosan baru baik itu dari segi tampilan UI UX dan juga dari segi fitur-fitur yang ditambahkan. Karena Tokopedia mendengar keluhan dan masukan dari penggunanya, sehingga memecahkan terobosan baru untuk membuat pengguna terus merasakan kenyamanan menggunakan aplikasi platform ecommerce tersebut.


Tapi, inovasi juga tidak melulu tentang produk. Bisa jadi, inovasi juga kamu implementasikan untuk membuat sistem kerja yang lebih baik di perusahaan. Misalnya, dengan menambah jumlah waktu istirahat, atau menambah kegiatan-kegiatan perusahaan tiap bulannya, atau melakukan rekonstruksi kantor. Ya, intinya kalau mengacu pada definisi inovasi itu sendiri adalah sebuah perubahan progresif.  Tujuannya biar bisnis tidak diam di tempat dan terus melangkah maju untuk mempersiapkan pada dunia yang dinamis.