Banyak orang bertanya-tanya tentang bagaimana nasib mereka ketika banyaknya ancaman yang beredar di masyarakat tentang krisis ekonomi yang semakin mendekat, terutama pada tahun 2023 ini. Hal-hal apa saja yang harus kamu siapkan agar kamu tidak menjadi orang-orang yang kehilangan arah?


Berbicara mengenai resesi ekonomi tahun 2023, kita semua tentu sudah mengetahui dampak masif yang disebabkannya. Misalnya, terjadi banyaknya layoff atau pemutusan hubungan kerja di banyak perusahaan. Kemudian, kenaikan harga sembako, kenaikan harga BBM yang secara keseluruhan juga membuat industri lain mengalami kenaikan harga produksi.


Akhirnya, resource paling berharga perusahan yaitu karyawannya dipotong untuk meminimalisir kenaikan cost yang sangat signifikan. Sampai bulan November 2022 ini saja, perusahaan teknologi raksasa seperti Ruangguru, GOTO, Zenius, dan beberapa lainnya sudah melakukan PHK pada sejumlah karyawannya, bahkan di satu perusahaan, jumlah yang di-PHK tersebut mencapai ribuan. 


Apa artinya ini? Kita akan coba bahas dalam dua perspektif. Yang pertama adalah dari perspektif bisnis. Dalam perspektif bisnis, melakukan PHK dalam jumlah besar dinilai wajar karena mengingat pembengkakan biaya yang akan terjadi apabila terus-terusan membakar uang. Perusahaan harus sebisa mungkin memperpanjang runway agar bisnisnya bisa bertahan hingga puluhan tahun yang akan datang. Di samping dari fenomena startup bubble burst ini, ya kita bisa menganalisa sedikit tentang pola pikir para eksekutif C-level, mereka ingin sebisa mungkin merampingkan budget agar bisa menyelamatkan orang-orang lain yang tidak terkena PHK.


Alasan seperti itu mungkin akan terdengar masuk akal, namun kenyataannya alasan seperti sangat tidak manusiawi, jumlah yang di-PHK ini terlalu banyak. Dan banyak di antara mereka yang menjadi generasi sandwich atau punya banyak tanggungan, mereka juga banyak kebutuhan. Tapi, perusahaan dengan enaknya melakukan pemutusan hubungan kerja begitu saja, tanpa adanya waktu untuk mempersiapkan semuanya. 


Walaupun hak untuk pesangon dan lain-lainnya masih dipenuhi, tetap saja hal ini menjadi permasalahan besar karena akan membuat ketidakseimbangan di pool pencarian kerja. Orang yang mencari kerja akan jadi jauh lebih banyak dibandingkan orang yang ingin merekrut. Dengan perbedaan yang sangat signifikan ini, orang-orang akan dipaksa untuk bisa bertahan hidup (mode survival).


Ada beberapa hal yang bisa kamu siapkan agar bisa tetap fokus menggapai impian kamu, atau setidaknya kamu tidak terlalu kesulitan dalam memikirkan apa yang akan terjadi ke depannya. 


Pertama, memiliki mindset strategi bertahan hidup. Dengan memiliki mindset ini, kamu akan skeptis terhadap banyaknya pernyataan, kamu juga harus bisa mengambil langkah yang tepat, jangan sampai salah arah. Perbanyak belajar, saat ini sudah banyak media yang memfasilitasi pembelajaran online gratis dari YouTube atau Google misalnya. Karena sejatinya, mindset ini juga yang diimplementasikan oleh para pengusaha. Cari sebanyak mungkin sumber income, baik itu passive income maupun active income.

Kedua, rawat hubungan baik dengan keluarga, teman, kolega, dan yang lainnya yang kamu pikir akan sangat berharga di masa depan. Mungkin fakta ini tidak terlalu relevan, tapi terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa dengan memperbaiki hubungan dengan orang tuamu saja, kesempatan kamu untuk sukses akan jadi jauh lebih besar. Tentu saja, apa yang bisa kita petik dari pernyataan ini adalah untuk selalu berubat baik kepada siapa saja dan merawat relasi, karena manusia adalah makhluk sosial, jangan sampai kamu kesulitan sendirian tidak ada yang mau bantu sama sekali. Gunakan koneksi itu untuk misalnya menanyakan soal pekerjaan, atau peluang bisnis, atau apapun itu.


Ketiga, jangan pernah menyerah dan terus hadapi. Kalau kamu menjadi bagian dari orang-orang terkena PHK, jangan berkecil hati. Peluang akan terus ada dan resesi ekonomi tidak terus-terusan menghantui kita. Pasti ada masanya ekonomi kembali bangkit dan pulih. Ingatlah prinsip bahwa kamu ini seperti bola, kalau kamu jatuh ke bawah, carilah cara agar kamu bisa memantul lebih jauh lagi ke atas.


Kurang lebih begitulah cara mempersiapkan untuk krisis ekonomi tahun 2023, semoga bermanfaat untuk teman-teman Ribrick semua.