Penyebaran virus Covid 19 yang belum bisa dikendalikan memberikan dampak terhadap bisnis  yang ada pada saat ini. Pembatasan kegiatan sosial di masyarakat dan penerapak kebijakan bekerja maupun belajar dari rumah menimbulkan sebuah fenomena baru.

Salah satunya adalah kegiatan masak memasak dirumah yang mengalami peningkatan semenjak pandemi. Pembelian alat masak di marketplace menunjukkan data yang cukup signifikan. Kebutuhan akan bumbu masakan dan makanan beku pun meningkat tajam juga.

Peluang bisnis makanan beku masih besar di tahun 2021

Tren makanan beku ini kian meningkat, terutama di masa pandemi Covid-19 ini karena masyarakat lebih senang memasak sendiri makanan di rumah, tetapi tidak ingin repot sehingga frozen food menjadi pilihan.

Para produsen frozen food terus mengembangkan produknya, karena semakin banyaknya pesaing yang mulai melirik bisnis ini. Banyak pemain-pemain baru yang berusaha untuk menangkap peluang berbisnis di makanan beku, karena selama pandemi bisnis makanan beku akan terus cair cuannya.

Inovasi selalu dilakukan oleh para pebisnis makanan beku, salah satunya dengan menjamin kualitasnya. Dengan adanya pandemi ini, konsumen semakin sadar akan kesehatan, konsumen semakin peduli terhadap setiap asupan makanan yang mereka makan setiap harinya.

Makanan beku yang  dipilih konsumen saat ini pastilah yang bebas bahan pengawet dengan kualitas nutrisinya yang masih terjaga. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memulai bisnis  makanan beku.

  1. Praktis diolah

Makanan beku identik tentang hal yang praktis, pengolahan yang tidak ribet menjadikan konsumen memilih makanan beku. Anda bisa mengolah makanan beku siap saji dengan cara menggoreng, mengukus, atau sekadar merendamnya dengan air hangat. Proses pengolahannya pun cenderung lebih singkat daripada memasak makanan dari bahan mentah.

2. Tetap bernutrisi

Meski mudah diolah, makanan beku diharapkan mempunyai kandungan nutrisi yang mencukupi kebutuhan tubuh kita. Makanan beku dapat menyimpan vitamin dan mineral dan tidak mengubah kandungan karbohidrat, protein, dan lemak di dalamnya.

Selain tahan lama, kandungan nutrisi dalam makanan beku juga harus tetap terjaga

3. Tahan lama

Kemampuannya bertahan lebih lama dibandingkan jenis makanan lainnya adalah keunggulan yang harus dimiliki setiap makanan beku. Hal ini memungkinkan untuk menyimpan stok makanan hingga beberapa bulan kedepan. Tapi meskipun dapat bertahan lama, makana beku tetap dapat mempertahankan nilai nutrisi yang terkandung di dalamnya, dan kini sudah banyak produk frozen food yang bebas bahan pengawet kimia.

4. Higienis

Proses pembuatan dan pengemasan yang bersih menjadi syarat mutlak untuk berbisnis makanan beku. Dalam proses pembuatan dan penyimpanannya di ruang kedap udara, makanan beku menghentikan proses pembentukan bakteri dan menjaga kandungan nutrisi di dalam makanan tersebut.