Memulai dan menjalankan sebuah bisnis memang memerlukan mental yang kuat. Sebab, bisnis gak selesai dengan produk, market, dan strategi penjualan. Tapi masih ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Salah satu yang paling penting adalah networking.

Setiap bisnis tentu memerlukan sebuah jaringan atau networking. Sama halnya dengan manusia, bisnis tidak bisa hidup dan bertumbuh sendiri. Semakin luas jaringan yang terbentuk, maka semakin besar kesempatan bisnis tersebut mengalami kemajuan.

Ada banyak manfaat yang dirasakan sebuah bisnis ketika memiliki jaringan bisnis yang kuat, antara lain memiliki banyak relasi, mendapat dukungan dan solusi ketika bisnis sedang bermasalah, bertukar ide, dan lain-lain.

Lalu bagaimana caranya membangun networking? Berikut beberapa tips dan langkah untuk membangun networking.

Ramah pada semua orang dan perbanyak kenalan

Sikap ramah adalah modal awal untuk kamu yang ingin membangun networking. Usahakan untuk ramah pada setiap orang yang kamu temui. Sikap ramah juga akan membuat kamu memiliki banyak kenalan.

Gunakan media sosial

Tips kedua ketika kamu ingin membangun networking bisnis adalah menggunakan media sosial. Saat ini, media sosial bukan hanya digunakan untuk indovidu, tapi berbagai brand besar, organisasi, bahkan hingga lembaga pemerintahan pun menggunakan media sosial untuk membangun jaringan.

Jadi, jangan ragu untuk aktif di media sosial dan berinteraksi dengan audiensmu, ya.

Aktif berkolaborasi dengan pihak lain

Membangun jaringan bisnis juga bisa diawali dengan berkolaborasi. Misalnya dengan bisnis atau brand lain, komunitas, organisasi, atau lembaga. Dengan berkolaborasi, kamu akan mendapat lebih banyak perhatian (attention) dari pihak lain.

Cari mentor bisnis

Salah satu langkah paling ampuh untuk membangun networking adalah dengan memiliki mentor bisnis. seorang mentor bisnis biasanya memegang banyak brand atau bisnis lain dan memiliki relasi yang luas. Hal itu sangat menguntungkan untuk perkembangan bisnis kamu, lho!

Selain itu, memiliki mentor bisnis akan membantu kamu lebih fokus mencapai milestone dan goals bisnis.

Punya mitra bisnis

Tips selanjutnya agar kamu bisa membangun networking yang baik adalah memiliki mitra bisnis. Mitra bisnis sangat efektif untuk mengembangkan jaringan bisnis.