Tidak sedikit pelaku UMKM yang bisnisnya jatuh gara-gara pademi Covid 19. Banyak juga yang bingung dan bertanya-tanya, “Bagimana si teknik promosi penjualan yang efektif agar bisa bangkit dari keterpurukan?”.

Memang si tidak mudah, tapi pasti ada strateginya. Salah satunya, adalah dengan mengamati pola sukses pelaku UMKM yang terus eksis, atau bahkan yang semakin berkembang.

Coba renungkan. Ketika aktivitas orang lebih banyak di rumah, maka akan melahirkan kebiasaan baru. Nah, kebiasaan inilah, yang menuntut pelaku UMKM untuk beradaptasi.

Bentuk adaptasi paling logis, adalah dengan memperbaharui stratagi marketing, mengubahnya 360 derajat, menyesuaikan dengan kebiasan orang-orang di era new normal. Ini menarik, nih, penasaran?

Mari kita mulai…

1. Rubah Teknik Promosi Penjualan Offline Menjadi Online

Secara umum, salah satu kelemahan pelaku UMKM, adalah tidak mengoptimalkan promosi secara online. Kalaupun ada, hanya setengah-setengah.

Dulu, sebelum pandemi, promosi dari mulut ke mulut masih dibilang related. Asalkan bisnis kita cukup terkenal, customer bisa datang dari mana saja, tanpa banyak pertimbangan.

Tapi sekarang, semua berubah. Mereka yang mampu memanjakan customer, akan dilirik. Sementara yang tidak, ada kecenderungan untuk ditinggalkan.

Untuk itu, solusi terbaik membangkitkan geliat bisnis UMKM yang selama ini lesu, adalah dengan memperkuat teknik promosi berbasis daring (online).

Bagaimana idenya?

  • Aktifkan sosial media, seperti Facebook, Instagram, Youtube atau platform sejenis.

  • Posting konten secara berkala, agar orang tahu bahwa bisnis kita eksis.

  • Lakukan interaksi, agar customer mulai menaruh rasa simpatik.

Apakah itu saja cukup untuk membuat customer percaya dan akhirnya order? Tentu tidak.

Tantangan terbesar untuk melakukan promosi penjualan berbasis online adalah :

“Orang tidak mudah percaya (atau membeli), kepada penjual yang kredibilitasnya belum dikenal baik”

Untuk itu, kita butuh media pendongkrak kepercayaan (trusted media). Beberapa pelaku UMKM yang telah sukses, menggunakan website sebagai media yang terbukti ampuh.

Bagaimana caranya agar website bisa mendukung teknik promosi penjualan yang lebih efektif dan ampuh? Tenang, mari kita membahasnya.

2. Gunakan Media Promosi Penjualan yang Meyakinkan

Salah satu teknik penjualan klasik yang sering digunakan oleh pelaku UMKM untuk menjaring customer dan mempromosikan produknya adalah :

  • Bergabung di grup-grup Facebook.

  • Membuat postingan penawaran produk.

  • Menebar kontak WhatsApp.

Sebenarnya, ini bukan teknik yang salah. Tapi, ketika kita paham bahwa penjualan akan sulit terjadi jika kredibilitas bisnis kita belum meyakinkan, maka tingkat closing, akan sangat rendah.

Lagi pula, keputusan pembelian oleh customer, tidak terjadi secara tiba-tiba. Ada serangkaian proses yang harus dilewati.

Engel, Blackwell and Kollat (1968), mengungkapkan, setidaknya ada 4 proses yang harus dilalui sebelum akhirnya orang berkeputusan membeli :

  • Pertama, mengenali masalah atau kebutuhan.

  • Kedua, mencari informasi terpercaya.

  • Ketiga, mencari alternatif produk.

  • Keempat, memutuskan untuk membeli.

Sekarang, coba kita amati poin yang kedua, mencari informasi terpercaya.

Anggap saja, jika Anda melakukan promosi di grup-grup Facebook dengan cara posting dan meninggalkan nomor WhatsApp, apakah itu efektif? Tidak. Mengapa?

Karena kita akan kehilangan kesempatan untuk meyakinkan customer. Kita tidak bisa menjelaskan lebih detail bahwa kita :

  • Benar-benar menawarkan produk yang berkualitas.

  • Tidak sedang berbohong atau tipu-tipu.

  • Menjamin layanan pasca penjualan yang prima.

Tapi yang jadi masalah, bukankah teknik promosi dalam penjualan online itu, tidak langsung tatap muka? Lalu, dengan teknik apa kita bisa meyakinkan?

Seperti yang sempat disinggung di awal, kita membutuhkan trusted media berupa website. Biarkan website yang menawarkan, kita cukup membagikan linknya.

Jika saat ini Anda masih melakukan promosi organik seperti di atas, maka selain posting gambar dan caption, akan jauh lebih meyakinkan jika Anda menyisipkan link website.

Saat mereka melakukan klik, sebenarnya Anda sedang berusaha mempengaruhi psikologi customer melalui konten artikel yang disajikan. Inilah hebatnya website.

Pada akhirnya :

  • Gambar produk yang bagus.

  • Copywriting yang menghipnotis.

  • Pelayanan yang profesional.

Akan menjadi sia-sia, jika customer belum sepenuhnya percaya. Dan wesbite, adalah satu-satunya solusi yang menjembatani agar orang jauh lebih percaya.

Kok bisa si? Ya, karena website akan berperan :

  • Sebagai sales digital yang memprospek customer, melalui konten artikel yang disajikan.

  • Menjelaskan nilai lebih produk yang kita tawarkan, dibanding produk lain.

  • Menampilkan data produk secara lengkap, berikut fitur dan benefitnya.

  • Menunjukkan bukti sosial (social proof), melalui testimoni kepuasan customer.

  • Mempengaruhi keputusan pembelian, melalui copywriting yang dikemas apik.

  • Menginformasikan detail lokasi toko offline, melalui link lokasi GPS.

Intinya, ketika Anda memutuskan untuk menempuh teknik promosi penjualan online dengan metode apapun, tanpa dukungan website, akan sulit sekali berkembang.

Tapi sayang, untuk mewujudkan mimpi memiliki website yang efektif meningkatkan penjualan, masih banyak pelaku UMKM yang belum tahu caranya.

Sebentar lagi, Anda segera mengetahuinya. Jadi, teruslah menyimak.

3. Kumpulkan Calon Customer Potensial

Anda mungkin sering mendengar istilah traffic (lalu lintas, kerumunan). Prinsipnya, dimana ada traffic, di situlah suatu teknik promosi akan berjalan efektif.

Dalam konsep traffic, ada sekumpulan orang yang dimungkinkan akan membeli produk kita. Akan tetapi , traffic-pun, ada yang berkualitas, ada pula yang kurang.

  • Traffic dikatakan berkualitas, jika berisi orang-orang yang merupakan calon customer potensial.

  • Sebaliknya, traffic dikatakan kurang berkualitas, jika dipenuhi oleh orang-orang yang kecil kemungkinannya untuk membeli.

Sekarang, kita akan fokus untuk membahas bagaimana menciptakan traffic (kerumunan) yang berkualitas. Idenya :

  • Miliki website yang berkualitas.

  • Optimalkan website Anda dengan SEO.

Selanjutnya, mari kita bahas satu per satu :

Website yang Berkualitas

Tidak sedikit pelaku UMKM yang panik ketika mendengar istilah website. Lebih-lebih, mereka yang sama sekali belum familiar dengan jenis media ini.

Untuk bisa memiliki website berkualitas yang mendukung teknik promosi penjualan UMKM, ada 2 strategi yang bisa Anda tempuh :

  • Pertama, gunakan jasa pembuat website yang ditawarkan pihak ketiga.

  • Kedua, merancang website berbasis WordPress sendiri.

Kedua opsi tersebut, Anda bebas memilih, silahkan sesuaikan dengan potensi yang Anda miliki masing-masing.

Tapi yang terpenting, sebelum akhirnya Anda memilih opsi apapun, pastikan Anda :

  • Tidak menggunakan domain gratisan. Ini akan membuat kredibilitas bisnis Anda turun, bahkan dicap abal-abal.

  • Gunakan domain dan hosting dari penyedia layanan yang mendukung kemajuan bisnis UMKM.

  • Ikuti jejak UMKM lainnya yang telah sukses mengelola websitenya dengan beli domain dan hosting di Niagahoster. Ini adalah penyedia layanan profesional yang terbukti ramah UMKM.

Salah satu indikasi dari penyedia layanan domain dan hosting ramah UMKM, adalah menyediakan hosting murah.

Fungsinya, agar semua lapisan UMKM, baik yang sudah familiar dengan website maupun yang belum, bisa merancang sendiri website impiannya.

Website builder memungkinkan newbie sekalipun, untuk mendesain konten websitenya dengan lebih cepat dan mudah. Tinggal drag and drop, selesai.

Itu adalah nilai lebih yang sayang sekali jika Anda melewatkannya. Sebagai pelaku UMKM yang punya ekspektasi tinggi terhadap teknik promosi penjualan yang berorientasi kesuksesan, manfaatkan peluang bagus ini.

Mengoptimalkan SEO

SEO merupakan upaya agar informasi apapun yang ada di website Anda, dapat dibaca oleh lebih banyak target market potensial Anda.

Jika pada bagian sebelumnya Anda mengenal konsep website sebagai media berbagi link pada promosi organik di medsos, SEO justru berperan sebagai pencari traffic otomatis yang tertarget dan berkualitas.

Prinsipnya cukup sederhana. Website akan seperti sales marketing yang bekerja 24 jam penuh untuk mempromosikan usaha Anda.

Bahkan ketika Anda sedang tidur sekalipun, website Anda dibaca oleh orang-orang yang punya interested (ketertarikan) dengan produk yang Anda tawarkan.

Nah, untuk mendukung upaya Anda mengoptimasi SEO, selain konten website yang ramah mesin pencari, ada dua faktor yang dapat Anda andalkan :

  • Pertama, kecepatan website, melalui penyedia hosting yang berkualitas.

  • Kedua, sistem keamanan yang meyakinkan di mata Google, melalui sertifikat SSL.

Jika Anda masih sedikit kurang familiar dengan kedua istilah tersebut, silahkan Anda bisa berkonsultasi dengan customer service Niagahoster.

Anda akan mendapatkan informasi sejelas-jelasnya tentang :

  • Hosting yang berkualitas, sesuai budget dan kebutuhan Anda.

  • Sertifikat SSL, yang mampu meningkatkan reputasi website Anda.

  • Kemungkinan mendesain website sendiri dengan lebih mudah menggunakan fitur website builder.

Ketiga faktor itu, sangat mendukung upaya Anda memiliki website berbasis UMKM yang mendatangkan lebih banyak traffic dan penjualan, sesuai impian Anda.

Website adalah sales marketing yang bekerja 24 jam penuh untuk mempromosikan usaha Anda. Bahkan ketika Anda sedang tidur sekalipun.

4. Buat Konten Promosi Penjualan Sesuai Buyer Persona

Content is king. Ini adalah konsep sekaligus sesuatu yang paling menarik dari pembahasan kita kali ini.

Untuk memulainya, mungkin Anda pernah mendengar kutipan coach Dewa Eka Prayoga berikut :

“Pada dasarnya orang suka membeli, tapi malas untuk dijuali”

Faktanya, memang demikian. Jika terus membombardir semua media promosi dengan postingan hard selling, maka kemungkinan orang tertarik, akan rendah.

Solusinya, kita perlu menghadirkan teknik promosi penjualan dengan cara :

  • Membuat konten promosi yang jauh lebih kreatif.

  • Menyesuaikan konten dengan karakter ideal calon pembeli (buyer persona).

Mengapa begitu?

Karena pada dasarnya, promosi adalah tentang persepsi. Dan keputusan membeli, lebih dominan dipengaruhi oleh persepsi.

Lalu, bagaimana idenya untuk membuat konten promosi yang mampu mempengaruhi persepsi calon pembeli ideal kita?

Promosi di Media Sosial

Jika Anda melakukan promosi di media sosial, cobalah untuk membuat konten yang lebih bervariasi, tidak melulu menawarkan secara keras (hard selling).

Anda bisa membuat konten dalam versi :

  • Tutorial, untuk membangkitkan persepsi edukatif.

  • Video ulasan (review), untuk mencetak persepsi meyakinkan.

  • Quotes, untuk menujukkan persepsi menginspirasi.

  • Postingan interaktif, untuk menggairahkan persepsi friendly.

  • Story telling, untuk menciptakan persepsi emosional.

Bagi sebagian orang, ini mungkin terkesan aneh. Tapi, coba amati perkembangan TikTok yang ternyata mampu menghasilkan banyak closing.

Begitulah kekuatan persepsi. Sekalipun hanya berbentuk video jokes, jika dikombinasikan dengan pesan promosi, maka secara alami, orang akan tergerak membeli.

Jack Trout, seorang marketer ternama, pernah mengatakan :

“Dalam pemasaran, persepsi adalah realitas. Siapa yang mampu mengendalikan persepsi, dia mengendalikan perilaku.”

Menariknya, persepsi itu dapat diciptakan, dimanipulasi, melalui konten yang kita rancang sesuai buyer persona.

Promosi Menggunakan Website

Tujuan orang masuk ke website Anda dan membaca-baca informasi di dalamnya, biasanya:

  • Ingin mencari atau menemukan produk yang diinginkan.

  • Sekadar mencari informasi yang berhubungan dengan produk tertentu.

Oleh karena itu, jika Anda mengharapkan traffic yang lebih tinggi, cobalah untuk membuat konten yang bisa menjawab kedua tuntutan itu.

Jika website Anda berbasis toko online, maka :

  • Uraikan deskripsi berupa fitur dan benefit dengan jelas dan lengkap.

  • Tuliskan faktor pembeda yang menjadi alasan kuat agar orang mau membeli.

  • Lengkapi dengan blog, agar traffic bisa datang dari postingan yang relevan.

Jika website Anda berbasis tips, trik dan tutorial, maka :

  • Buat konten artikel yang solutif, padat, dan tuntas.

  • Arahkan untuk melakukan call to action (CTA) secara alami.

  • Persepsikan binis Anda sebagai sesuatu yang meyakinkan.

Nah, jika Anda hanya menggunakan minisite (landing page) sebagai teknik promosi penjualan, maka tantangannya ada pada copywriting yang disajikan.

Mulai dari :

  • Headline

  • Benefit

  • Bukti

  • Dialog

  • Urgensi

  • Bonus

  • Garansi

  • Call to action

Harus dirancang sedemikian rupa agar bisa mempengaruhi psikologi orang, untuk segera memiliki keputusan membeli saat itu juga.

Jika Anda sudah memiliki website dengan hosting terbaik, akan sayang sekali jika hanya digunakan untuk membuat 1 halaman landing page saja.

Akan lebih baik, jika memulai untuk mengaktifkan dengan lebih banyak konten yang berpeluang untuk mendatangkan traffic lebih tinggi.

Traffic tinggi = tingkat penjualan tinggi

Simpulan

Teknik promosi penjualan terbaik untuk UMKM, terutama yang terdampak pandemi, adalah menyesuaikan kebiasaan orang-orang di era new normal.

Ketika semua orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, maka promosi berbasis online, adalah bentuk adaptasi yang jauh lebih efektif.

Karena tidak sedikit pelaku UMKM yang justru mendapatkan peluang baru di saat pandemi ini, maka kita juga bisa meraih hal yang sama.

Bergegaslah untuk bangkit sejak sekarang, setelah pandemi berakhir, akan tiba saatnya kita meraih hasilnya.

Quotes inspiratif berikut, akan menyempurnakan pengalaman menyenangkan ini :

“Rahasia agar uang mengejar kita adalah mengkomunikasikan nilai tambah, kepada orang yang tepat, dalam jumlah yang banyak, dengan cara yang tepat”