Dunia wisata menuntut adanya fasilitas yang memenuhi stkamur wisata. Salah satunya adalah keberadaan pemandu wisata yang menguasai bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Karena itu di daerah wisata bisnis kursus Bahasa Inggris bisa menjadi salah satu bisnis yang bisa dikembangkan untuk mempersiapkan tenaga pemandu wisata yang benar-benar memiliki kemampuan memadai.


Mengapa membuka bisnis kursus bahasa Inggris? Tentu saja karena Bahasa Inggris adalah bahasa internasional. Sebagian besar wisatawan asing, dari manapun mereka berasal biasanya memiliki kemampuan berbahasa Inggris. Karena itu pemandu wisata seharusnya memiliki kemampuan percakapan bahasa Inggris agar komunikasi antara wisatawan dan pemandu bisa berjalan dengan lancar.


Bagi kamu yang tertarik untuk memulai bisnis jasa tutoring atau les atau kursus bahasa asing seperti bahasa Mkamurin, Jepang, Korea, Inggris, Rusia, dan lain-lain. Berikut ini dia tipsnya:

1. Perencanaan

Dalam suatu bisnis, perencanaan adalah sesuatu yang wajib. Dengan perencanaan, segala sesuatu bisa terukur dengan jelas sehingga ketika terjadi kendala atau masalah di perjalanan paling tidak kamu sudah bisa menganalisa lebih awal untuk dicarikan solusi. Perencanaan juga bisa menggambarkan langkah kamu secara berkelanjutan.


Hal yang harus kamu perhatikan dalam tahap perencanaan ini diantaranya adalah target market kamu. Jika kamu berada di kawasan wisata yang banyak di kunjungi wisatawan asing, maka target market yang bisa kamu sassar adalah lulusan setingkat sekolah atas atau SMA. Dengan demikian ketika mereka lulus, mereka memiliki kemampuan untuk menjadi pemandu wisata.


Kamu juga harus merencanakan banyak hal yang berkaitan dengan usaha kamu seperti nama tempat usaha, metode pembelajaran, dan pengetahuan yang cukup. Dengan demikian kamu bisa memberikan pengalaman belajar bahasa inggris yang lebih menarik dan maksimal. Buat konsep pembelajaran yang unik.

2. Pemasaran

Pastikan kamu membuat strategi pemasaran atau marketing dengan baik. Marketing adalah ujung tombak dari keberlangsungan perusahaan. Bahkan strategi maketing ini bisa dibilang sebagai faktor yang sangat penting sebagai pendukung keberhasilan suatu bisnis termasuk bisnis kursus bahasa inggris ini.


Kamu bisa melakukan pemasaran secara tradisional seperti pemasaran melalui poster, brosur, kartu nama, dan lain-lain. Selain itu marketing digital untuk saat ini harus di lakukan. kamu bisa memaksimalkan akun media sosial kamu untuk menarik minat peserta didik baru untuk masuk dan bergabung dengan lembaga kamu.


Bisa juga dengan memaksimalkan saluran YouTube dengan cara memasukkan konten berkualitas. Salah satunya adalah dengan memberikan semacam tutorial untuk mempelajari bahasa Inggris secara praktis. Dengan demikian ketika pemirsa menginginkan versi lengkapnya, kamu bisa menawarkan untuk bergabung dengan lembaga kamu.


Agar terlihat profesional kamu bisa membangun website usaha kecil untuk usaha kursus bahasa Inggris kamu. Cara menarik konsumen lainnya adalah dengan memberikan penawaran menarik berupa pemberian diskon dan lain sebagainya sehingga bisa menjadi daya tarik.

3. Persiapan

Kamu pearlu mempersiapkan berbagai p roperty dan perlengkapan lainnya sebelum kamu benar-benar membuka kelas bahasa Inggris. Property dan perlengkapan di sini bisa meliputi tempat untuk proses pembelajaran bahasa inggris beserta kantornya, meja, kursi, komputer, nomor telephon yang bisa dihubungi, dan yang tidak kalah penting adalah buku referensi serta media pembelajaran.


Ada opsi lainnya yang tanpa membutuhkan ruang kelas dan tutorial tatap muka yakni dengan pembelajaran daring. Jika kelas yang kamu bangun menggunakan kelas online, maka kamu perlu mempersiapkan nernagai perangkatnya mulai dari komputer multimedia yang memiliki spek mumpuni, sambungan internet kecepatan tinggi dan juga perangkat lainnya.


Namun jika kamu memiliki tempat yang cukup luas dengan pencahayaan yang baik maka kamu bisa memanfaatkannya untuk ruang pembelajaran. Karena bagaimanapun juga pembelajaran secara tatap muka akan memberikan dampak yang baik bagi perkembangan peserta didik, mereka akan lebih mudah paham daripada ketika materi di sampaikan secara daring.

4. Manajemen dan Konsisten

Mungkin inilah yag menjadikan suatu perusahaan tetap bertahan di dalam terpaan badai. Ketika kamu memiliki unit usaha, pastikan kamu melakukan langkah manajerial dengan baik. Meskipun usaha yang kamu miliki masih kecil namun dengan manajemen yang bagus dan konsisten dalam menjalankannya lambat laun akan membesar.


kamu seharusnya melakukan langkah yang konsisten dalam menjalankan usaha. Misal saja ketika peserta didik kamu sudah banyak maka kamu tetap melakukan pemasaran di berbagai media, baik media tradisional seperti poster dan brosur atau melalui media online. Dengan demikian usaha kamu untuk melakukan branding tetap berjalan.


Demikian ulasan mengenai langkah memulai bisnis kursus bahasa Inggris yang bisa kami sampaikan. Semoga artikel diatas bisa memberikan informasi bermanfaat untuk kamu. Jangan lupa membaca artikel bisnis kami lainnya yakni tips bisnis pelajar yang bisa dcoba untuk kamu yang masih berada di bangku sekolah.