5 Cara Mempersiapkan Biaya Pernikahan – Pernikahan menjadi moment terpenting bagi setiap orang dimana mereka akan menggelar sebuah pesta mulai dari yang sederhana hingga mewah. Pernikahan juga tidak akan bisa terlaksana dengan baik tanpa adanya biaya yang cukup. Bahkan pernikahan sederhana pun tetap membutuhkan biaya meski tidak sebesar pesta pernikahan mewah, setidaknya untuk biaya administrasi dan biaya penghulu.

Besar kecilnya modal untuk nikah juga berbeda-beda, semuanya tergantung pada konsep pernikahan tersebut. Ada beberapa orang menganggap biaya pernikahan ini adalah pengeluaran mendadak, sehingga banyak pasangan yang memang kurang siap dalam menghadapi moment pernikahan tersebut. Oleh karena itu, sebelum kamu berpikir untuk menggelar pesta pernikahan, sebaiknya siapkan dulu biaya pernikahan sejak jauh-jauh hari. Paling tidak siapkan semua biaya tersebut 3 tahun sebelum pesta itu di adakan dengan cara menyisihkan sebagian gaji atau penghasilan kamu per bulan. Hal ini akan membuat kamu dan pasangan terhindar dari yang namanya hutang. Jangan sampai kebahagiaan kamu terganggu karena masalah keuangan karena terlilit hutang.

Dalam persiapan biaya untuk menikah, ada baiknya kamu berdiskusi dulu bersama pasangan kamu. Bicarakan semua hal terkait pernikahan tersebut, mulai dari berapa besar gaji atau penghasilan kamu dan pasangan, berapa uang yang akan disisihkan untuk menikah di tiap bulannya, bagaimana susunan rencana keuangan bersama, dan lain sebagainya. Selanjutnya, kamu bisa menggambarkan berapa biaya pernikahan tersebut dan jadikan ini sebagai tujuan perencanaan keuangan kamu. Hitunglah berapa dana yang harus kamu persiapkan serta kebutuhan apa saja yang harus kamu penuhi untuk resepsi pernikahan tersebut. Untuk memudahkan kamu, berikut beberapa informasi mengenai tips dan cara mempersiapkan biaya pernikahan

Jumlah Tamu

Jumlah tamu yang akan hadir ini akan mempengaruhi kapasitas tempat, undangan, proporsi katering dan souvenir pernikahan. Untuk menentukan undangan gunakan rumus jumlah tamu 2x jumlah undangan. Mengapa begitu, biasanya tamu undangan tidak hadir sendirian, mereka akan membawa pasangan masing-masing bahkan mereka juga ada yang membawa anak-anak dan saudaranya

Biaya Sewa Gedung

Menyewa sebuah gedung bisa menjadi alternatif kamu dan pasangan yang tidak bisa menggelar pesta pernikahan di rumah karena lokasi yang sulit di jangkau ataupun rumah yang sempit. Jika ingin menyewa gedung, pastikan mencari informasi terlebih dahulu mengenai berapa kisaran harga sewa gedung tersebut.

Biaya Paket Pernikahan

Biaya paket ini sudah termasuk pakaian pengantin, riasan pengantin, dekorasi, hiburan, souvenir, dokumentasi dan lain sebagainya. Pilihlah paket yang sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Budget

Dalam menghitung seluruh biaya pernikahan, pastikan kamu menghitungnya dengan cermat. Perhatikan juga apa saja kebutuhan pernikahan yang harus kamu persiapkan. Berupayalah untuk menggelar pernikahan tanpa berhutang kepada pihak lain. Hal ini sangat baik untuk kamu, sebab hutang bisa memperburuk kondisi keuangan kamu bahkan hubungan kamu dan pasangan bisa saja memburuk karena hutang.

Mengenali Batasan Hutang

Aturlah batasan hutang kamu, setidaknya 30% dari penghasilan bersih kamu dan pasangan. Semakin kecil batasan hutang, akan semakin baik untuk kamu. Misalnya saja, jika gaji atau penghasilan kamu dan pasangan adalah 6 juta rupiah, maka beban hutang setidaknya hanya 1,5 juta saja. Selanjutnya, setelah mengetahui batasan hutang, kamu bisa memilih produk yang sesuai dengan kondisi finansial kamu, seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau Kredit Multi Guna.

Sudah tidak menjadi rahasia umum lagi bahwa pernikahan yang membutuhkan biaya cukup besar ini dapat kamu laksanakan dengan cara berhutang kepada bank ataupun keluarga. Hal ini memang menjadi pilihan yang praktis untuk mengatasi biaya-biaya pernikahan tersebut. Namun sebelum kamu melakukan pinjaman, sebaiknya diskusikan dulu dengan pasangan kamu, karena seusai menikah, hutang itu akan menjadi beban berdua. Untuk itu, pastikan kondisi keuangan kamu tetap stabil sehingga tidak memberatkan kamu dalam membayar cicilan setiap bulannya. Demikian informasi tentang tips mempersiapkan biaya pernikahan. Semoga bermanfaat