Melakukan bisnis jual beli online bisa menggunakan berbagai media. Selain menggunakan e-commerce atau biasa disebut marketplace bisa juga dengan membuat toko online sendiri. Kamu bisa menjual berbagai produk yang kamu kontrol sendiri secara penuh atau bisa juga dengan menjadi dropshipper.

Untuk membuat toko online sendiri kamu memerlukan berbagai tips berikut ini agar toko online kamu mampu bersaing di pasar online. 


1. Pilih nama domain

kamu bsa memilih nama domain sesuai dengan keinginan kamu. Yang penting nama tersebut mudah diingat. Namun kamu perlu menentukan nama domain dengan tepat. Karena nama domain adalah nama yang akan melekat selamanya. Jika kamu merubah nama maka sama halnya dengan membangun opularitas dari awal.

 

kamu bisa menentukan nama domain yang sejalan dengan strategi SEO yang biasanya juga mencantumkan identitas lokal kamu seperti jualsepatujogja.com atau nama lainnya. nama tersebut akan sejalan dengan strategi SEO kamu. Selain itu kamu bisa juga dengan memilih nama dengan memunculkan brand kamu. Seperti EliaShoes.Com sebagai nama toko online sepatu kamu.

2. Platform dan Hosting

Memilih platform dan hosting yang tepat sangat penting untuk keberhasilan bisnis kamu, jadi telusuri dan lakukan riset sebelumnya. Mintalah uji coba gratis untuk melihat langsung bagaimana platform tersebut dapat bekerja untuk produk dan bisnis kamu, atau minta demo untuk menunjukkan kepada kamu seputar sistem yang mereka tawarkan.

 

kamu harus mengetahui apa yang kamu perlukan, misalnya fitur apa yang diinginkan dan fitur apa yang disediakan platform tersebut? Apakah kamu harus membayar ekstra untuk ini atau apakah itu termasuk dalam satu paket?

 

Idealnya, kamu memerlukan platform yang menyediakan kemampuan untuk menjual multi-channel untuk memaksimalkan potensi penjualan.

 

Ada beragam pilihan dalam membuat website toko oonline. kamu bisa dengan merancang secara online dengan fasilitas yang disediakan oleh penyedia layanan dan bisa juga dengan membuat dan membangun dari awal. Semua ada sisi positif dan negatifnya.

3. Rencanakan Struktur Website

Sangat penting untuk membangun struktur website yang kuat. Dengan struktur website yang kuat pelanggan yang ingin menemukan produk dan informasi yang mereka cari, akan dengan cepat dan mudah menemukannya. kamu sebaiknya meluangkan waktu untuk memikirkan tentang struktur, fitur dan kategorinya. Hal ini akan membantu kamu memilih jenis tata letak dan tema yang kamu inginkan untuk toko online kamu.

4. Branding dan Tampilan

Suatu tampilan dan brand juga sangat membekas di benak para kosumen. Logo, warna, dan berbagai unsur perlu mencerminkan identitas kamu sebagai sebuah perusahaan. Dengan membuat identitas toko tujuannya adalah untuk menjual produk, membangun loyalitas, dan membuat pelanggan kamu kembali untuk membeli lebih banyak.

 

Pastikan kamu menambahkan elemen yang membangun kepercayaan seperti review produk atau testimoni. Jika kamu adalah anggota dari suatu asosiasi, tambahkan logonya dan ini pada gilirannya dapat membantu kredibilitas kamu. .

5. Tampilkan Produk dengan Tepat

Gambar berkualitas tinggi dan gambar produk yang bagus adalah suatu keharusan untuk mendorong pembeli mempercayakan pembeliannya kepada kamu. Fungsi zoom akan memungkinkan pelanggan untuk melihat detail yang lebih baik.

 

Deskripsi produk harus benar-benar menjelaskan tentang produk tersebut.Pastikan untuk mendapatkan kata kunci atau frasa apa pun yang akan membantu strategi SEO kamu.

 

Jangansampai kamu membiarkan pelanggan membeli produk yang sudah habis, hal tersebut bisa memancing untuk mendapatkan ulasan yang buruk. Pastikan sistem tempat penjualan dan toko online kamu menyinkronkan dan memperbarui tingkat stok secara otomatis.

6. Ciptakan Fitur Kemudahan Pembayaran

Penting untuk mengkomunikasikan biaya pengiriman sejak awal karena hal ini dapat menghancurkan penjualan jika terjadi kesalahan. Selain itu pastikan kamu membuat sistem pembayaran yang sederhana dan mudah di lakukan. Beberapa opsi pembayaran seperti PayPal, Kartu Kredit, dan aplikasi pembayaran non tunai lainnya adalah suatu keharusan karena saat ini dunia telah bergerak untuk transaksi digital non tunai.

7. Lihat Dari Sisi Pengunjung

Jika kamu berpikir sebagai pengunjung maka akan di dapati bahwa penunjung mayoritas menggunakan gadget mereka untuk mencari toko onlne kamu. Pastikan situs web toko online dibuat dengan desain responsif atau menggunakan templat mobile friendly, yang berarti toko online kamu akan beradaptasi dan berfungsi dengan baik di perangkat seluler.

8. Gunakan SEO

Untuk membangundengan teknik SEO yang benar untuk toko online kamu membutuhkan perencanaan dan waktu yang tidak sebentar. Selain itu diperlukan konten yang relevan di blog kamu. Dengan demikian usaha ini dapat meningkatkan peringkat di SERP dengan frasa kata kunci tertentu dan membantu pelanggan potensial kamu menemukan website kamu.

9. Tambahkan Media Sosial

Media Sosial adalah cara yang bagus untuk kampanye brand, membagikan konten, serta mendorong orang lain untuk membagikannya juga. Jika sebagian besar orang menggunakan Facebook dan Instagram, maka kamu harus mengejar mereka dengan membanjiri konten di media sosial dengan oenawaran kamu baik dengan iklan gratis atau iklan berbayar. 

10. Dukungan Web Toko Online

kamu bisa membangun dukungan untuk website toko online kamu. Salah sarunya adalah dengan memberikan fitur chat. Fitur chat adalah cara terbaik untuk berkomunikasi langsung dengan pengunjung. Dengan modul live chat di toko online, kamu dapat menyediakan layanan yang memungkinkan kamu menjawab pertanyaan apa pun untuk mendorong penjualan.


Kesulitan dalam membuat website toko online maupun mengurus SEO dan digital marketing? Tenang saja, serahkan semuanya pada kami. Kami adalah perusahaan yang telah berpengalaman dalam pembuatan website dan aplikasi, SEO, dan digital marketing. Lihat halaman utama kami untuk portfolio dan klien-klien yang telah bekerja sama dengan kami. Hubungi 0878-7163-8910 untuk informasi lebih lanjut.