Peluang bisnis di kota tujuan wisata akan selalu ada selama kota tersebut industri bisnisnya selalu berjalan. Salah satu usaha yang bisa dibangun adalah memulai bisnis penginapan meskipun berupa bisnis kecil. Dengan membuka model bisnis seperti ini kamu akan memiliki investasi hari tua yang bisa jadi kedepannya akan memberikan kesuksesan yang besar selama dikelola dengan baik.


Untuk memulai suatu usaha atau bisnis memang diperlukan pemikiran yang matang dan juga keberanian. Mengingat meskipun kamu memulai bisnis penginapan kecil, namun modal yang harus disiapkan tidak hanya kecil. Hal ini dikarenakan bisnis ini menyangkut dengan bangunan atau property dimana dalam pembangunannya diperlukan modal yang tidak sedikit.


Mengharapkan penginapan yang kamu bangun sukses dengan waktu singkat adalah mimpi di siang bolong, kecuali kamu memang memiliki kecakapan dalam pengellaan dan juga proyeksi yang tepat. . Dibutuhkan penelitian yang cermat, manajemen, dan perencanaan keuangan untuk membuat sebuah penginapan sukses. Setidaknya hal inilah yang perlu diperhatikan.

Lokasi Penginapan

Berbisnis yang menyangkut dengan aktivitas liburan maka yang paling penting adalah penempatan lokasi bisnis. Hal yang peru diperhatikan adalah jangan sampai lokasi penginapan kamu jauh dari destinasi wisata. Selain itu pertimbangkan juga akses ke lokasi penginapan, terutama dengan sarana transportasi umum. 


Kamu harus mempertimbangkan seperti apa prospek industri pariwisata di daerah tersebut. Karena ketika kamu memulai bisnis penginapan skala kecil maka yang nantinya akan menggunakan jasa kamu adalah seseorang yang memang dalam perjalanan wisata. Berbeda dengan bisnis hotel besar berjaringan, tentu kamu akan melayani akomodasi berbagai institusi dan juga seseorang dalam rangkaperjalanan bisnis.


Kamu harus memilih area yang berdekatan dengan lokasi yang sering dikunjungi wisatawan. Dengan demikian wisatawan yang menginap di penginapan kamu tidak merasa kejauhan ketika akan mengunjungi destinasi wisata yang dituju setiap saat.

Membangun Atau Membeli

Putuskan apakah kamu akan membeli penginapan yang sudah ada atau membangun yang baru. Ini adalah keputusan pertama yang harus kamu buat saat memutusan untu memulai bisnis penginapan skala kecil. Ada sisi positif dan negatif dari setiap opsi yang harus kamu pertimbangkan dengan cermat sebelum membuat keputusan.


Membeli penginapan yang sudah ada, harganya mungkin akan lebih murah daripada kamu harus membangun yang baru. Namun kamu harus memastikan bangunan yan kamu beli memang layak huni dan tidak memerlukan renovasi besar. Jika kamu membeli penginapan, kamu mungkin juga bisa mempertahankan beberapa karyawan di pemilik lama.


Jika kamu membeli penginapan yang memiliki reputasi buruk, maka sebaiknya kamu memberikan perubahan kepada nama penginapan dan melakukan pengiklanan dengan gencar untuk memperkenalkan manajemen baru.


Jika kamu harus membangun penginapan baru, mungkin akan lebih mahal. Namun kelebihannya adalah kamu akan dapat membangunnya sesuai dengan desain yang kamu inginkan. Karena kamu merupakan pendatang baru maka kamu harus bekerja keras untuk mengiklankan agar mendapatkan pelanggan.

Lihat Kompetitor

Untuk melihat kekuatan pasar, kamu bisa melihat dan menyelidiki hotel, wisma, dan penginapan lainnya di area tersebut. kamu harus memahami persaingan yang akan kamu hadapi dan langkah seperti apa yang akan kamu jalankan utuk memenangkan persaingan, atau paling tidak mendapatkan pelanggan diantara penginapan lainnya.


Lakukan langkah-lagkah analisis pasar dan selanjutnya adalah untk menarik pelanggan kamu bisa menyeting bagaimana penginapan kamu akan terlihat menonjol. Selain itu dalam penyelidikan kamu harus mengetahui tarif enginapan lainnya, faslitas yang di sediakan, dan juga lokas penginapan lain apakah strategis atau tidak.


Jika penginapan sekitar kamu memiliki ulasan yang baik di internet, maka selain memaksimalkan playanan kamu, kamu juga harus mengambil celah dengan menurunkan tarif di bawah penginapan lainnya.


Pesan kamar di beberapa hotel lokal untuk benar-benar merasakan apa yang mereka tawarkan. Menginap semalam akan memungkinkan kamu untuk menyelidiki persaingan secara cermat dan mendapatkan ide untuk hotel kamu sendiri.

Memahami Pangsa Pasar

Analisis pasar bermanfaat untuk memahami kondisi pasar utama kamu. Ini akan membantu kamu menyediakan layanan kepada calon pelanggan kamu. Guest house, home stay atau penginapan skala kecil lainnya biasanya menarik wisatawan yang akan menginap hanya untuk beberapa malam saja meskipun tarif yang dikenakan murah.


Jika penginapan kamu berada didaerah wisata yang berupa pedesaan maka akan banyak orang dari kota mencoba menjauh dari keramaian dan hiruk pikuk untuk sementara waktu di kawasan wisata pedesaan. Untuk memberikan kesan pedesaan, sebaiknya kamu mendekorasi penginapan dengan barang-barang yang mencerminkan kehidupan pedesaan. 


Kamu harus memiliki nilai lebih dari bisnis penginapan kamu sehingga ada sesuatu yang bisa kamu tawarkan dengan penginapan kamu. kamu bisa menawarkan harga yang lebih murah, menawarkan kolam renang dimana penginapan lain tidak memilikinya, menawarkan koneksi internet yang super cepat dan sebagainya.


Pelanggan biasanya mencari pengalaman yang menyenangkan dengan menginap di penginapan kamu. Wisatawan di penginapan atau wisma yang terpencil biasanya mencari relaksasi, sehingga kamu dapat membangun area luar ruangan yang terpencil untuk para tamu bersantai.


Yang perlu dipahami adalah bahwa setiap layanan tambahan yang kamu putuskan untuk ditawarkan adalah penambahan biaya, baik untuk membangun maupun memelihara. Pastikan untuk menganggarkan dengan hati-hati dan mengelola manajemen keuangan dengan baik untuk menghindari kerugian. kamu bisa berkonsultasi dengan pelaku bisnis penginapan yang sudah mapan untuk mempelajari cara mereka untuk bisa sukses.