Sistem operasi Android saat ini boleh dibilang adalah sistem operasi terbuka yang paling banyak digandrungi. Namun, di tengah kenyamanan yang diberikannya lewat banyaknya berbagai aplikasi seru dan canggih yang bisa di download secara gratis, sistem operasi besutan Google ini ternyata rentan akan malware.

(Mohi Syed/Pexels)

Malware sendiri merupakan sebuah program yang memang sengaja dirancang untuk mencari kelemahan software. Biasanya, program ini diciptakan untuk merusak sebuah software atau sistem operasi tertentu. Contohnya saja seperti virus, worm, spyware, dan sebagainya. Apa bahayanya? Tentu data pribadi kamu seperti password dan yang bersifat personal lainnya menjadi rentan untuk bisa diketahui.

Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk melindungi teknologi Android kamu dari serangan Malware, antara lain :

Tips 1: Download aplikasi hanya dari sumber yang terpercaya

Google Play Store salah satunya. Aplikasi resmi dari Google ini secara rutin memindai aplikasi, mencari kode-kode yang dianggap mencurigakan dan membahayakan, dan membuang aplikasi yang mengandung malware jika terdeteksi. Sedangkan Amazon app store mengatakan pihaknya selalu mencoba aplikasi sebelum diterbitkan.

Tips 2: Hindari aplikasi android dari pihak yang tidak jelas atau namanya terdengar tidak asing dari dunia scamming.

Sideloading adalah tindakan menonaktifkan keamanan Android, lalu menginstall atau menjalankan file APK yang kamu downlaod dari pihak yang tidak jelas sumbernya. File APK adalah file program, sama seperti file EXE pada windows. sebenarnya tidak semua file APK yang didapat selain dari Google Play itu berbahaya, yang harus diperhatikan adalah sumber dari file APK tersebut.

Tips 3: Kenali aplikasi-aplikasi palsu.

Ketika ingin mendownload suatu aplikasi, periksa baik-baik nama penerbit, dan juga jangan malas untuk membaca sebagian ulasan yang diberikan pemakai Android lainnya.

Tips 4: Install aplikasi Antivirus

Download dan install aplikasi antivirus. Ada banyak aplikasi antivirus di Google Play Store, vendor ternama seperti AVG dan Norton menyediakan antivirus secara gratis. Aplikasi tersebut akan mendeteksi dan menghapus virus, malware, dan spayware. Biasanya aplikasi kemanan ini lebih dari sekedar mendeteksi adanya malware, ada fitur-fitur lainnya seperti backup file, dan phone locating via Google Maps.

Tips 5: Kunci smartphone kamu.

Mungunci smartphone kamu adalah hal yang paling mudah dilakukan. Dengan menggunakan kombinasi pola, kode pin, atau face lock, hal tersebut dapat menghidari smartphone kamu dari tangan-tangan jahil, dan jika kebetulan smartphone kamu hilang atau dicuri, hal ini akan mempersulit pencuri untuk menjual lagi smartphone kamu.