Bagaimana cara berjualan online dengan mudah – Berjualan online lebih menguntungkan dibandingkan jika kamu berjualan secara konvensional. Walaupun pada nyatanya ada juga masyarakat yang lebih menikmati melakukan transaksi jual beli secara konvensional dibandingkan secara online. Karena transaksi secara konvensional membuat pelanggan bisa melakukan tawar menawar, melihat barang yang dijual secara langsung, dan juga bisa merasakan kualitas barang.

Namun, bagaimanapun juga berjualan secara online saat ini dinilai lebih unggul. Karena perilaku masyarakat sudah banyak berubah. Transaksi jual beli lebih asyik dilakukan secara online karena tidak perlu keluar rumah, bisa dilakukan kapan saja, banyak referensi produk, dan kemudahan lainnya. Terlebih lagi perubahan ini banyak terjadi karena andil dari remaja-remaja milenial yang melek teknologi.

Meskipun zaman sudah berubah, tetapi tidak bisa dipungkiri masih ada saja yang tidak bisa berjualan secara online. Keterbatasan informasi biasanya menjadi alasan utama untuk hal ini.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan dibahas bagaimana cara berjualan online secara mudah. Berikut penjelasannya untuk kamu!

  1. Buat akun email

Awal Bagaimana cara berjualan online dengan mudah. Akun email yang dulunya hanya digunakan untuk mengirimkan pesan saja, saat ini digunakan sebagai syarat utama berjualan online. Bagi kamu yang belum membuat akun email, sebaiknya kamu segera membuatnya.

kamu bisa memilih dua platform gratis yakni Gmail.com atau Yahoo.com. Cara membuatnya juga mudah. kamu hanya perlu mengikuti instruksi yang diberikan oleh sistem. Nantinya, akun email ini digunakan untuk membuat toko online dan juga untuk login ke toko online kamu.

  1. Membuat toko online

Setelah email berhasil kamu buat, langkah selanjutnya adalah membuat toko online. Saat ini ada banyak marketplace yang bisa kamu gunakan untuk membuka toko online secara gratis. Di antaranya adalah Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee.  Untuk proses pendaftarannya, kamu memerlukan akun email dan juga password.

Tidak hanya di marketplace saja, kamu juga bisa membuat toko online sendiri melalu website pribadi. Namun, untuk toko online berupa website pribadi kamu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Yaitu untuk biaya pembuatan dan juga biaya perawatan.

  1. Input produk

Sebelumnya, kamu harus memiliki foto produk dengan kualitas yang bagus. Sebaiknya kamu memasukkan foto dengan resolusi yang tinggi agar tidak pecah saat dizoom. Hindari memasukkan foto dengan kualitas yang rendah dan jelek. Karena ini juga bisa mempengaruhi tingkat penjualan kamu.

Tidak hanya foto produk, kamu juga harus menyertakan deskripsi produknya. Tulis deskripsi produknya sedetail mungkin untuk memudahkan pelanggan dalam mencari produk yang tepat.

  1. Promosi produk

Setelah semua tahapan di atas dilakukan, selanjuntya adalah melakukan promosi. Promosi membuat produk kamu terlihat di mata public. Semakin terlihat semakin besar kemuninan produk kamu terjual. Setidaknya kamu harus melakukan promosi sehari sekali.

Promosikan produk kamu ke berbagai media social seperti Facebook dan Instagram. kamu juga bisa melakukan promosi secara offline dari mulut ke mulut atau dengan menyebar brosur di beberapa pusat keramaian.

Agar promosi kamu berhasil, buatlah bahasa pemasaran yang unik dan mudah dicerna oleh masyarakat. Kualitas foto produk yang ditampilkan juga berpengaruh terhadap keberhasilan promosi kamu. semakin bagus gaya promosi yang kamu lakukan semakin berefek pada tingkat penjualan toko online kamu.

  1. Menanggapi customer dengan ramah

Tidak sedikit calon pembeli yang menanyakan produk terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli produk. Jika seperti ini, tanggapi pertanyaan mereka dengan ramah sebagai bagian dari pelayanan dari toko online kamu.

Semoga info Bagaimana cara berjualan online dengan mudah ini dapat membantu kamu.