Cara Menghindari Penipuan Investasi Emas – Saat ini investasi sudah menjadi bagian dari bisnis yang banyak dilakukan oleh masyarakat umum untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Hal ini karena adanya tuntutan kebutuhan yang semakin hari semakin mahal seiring tingkat inflasi yang terus saja meningkat tiap tahunnya.Bahkan nilainya sudah mencapai 7% per tahun.

Secara umum konsep dari bisnis ialah menjual barang ataupun jasa agar bisa mendapatkan keuntungan yang digunakan sebagai pendanaan kebutuhan sehari-hari. Ada beberapa bentuk investasi, seperti dalam bentuk produk deposito, properti, saham dan lain sebagainya. Salah satu investasi yang populer di kalangan masyaratat adalah investasi emas. Investasi ini dinilai sangat menguntungkan, bahkan sering disebut penyelamat dana karena bisa menyimpan kekayaan seseorang tanpa adanya kehilangan nilai dari kekayaan tersebut.

Investasi emas cenderung memiliki harga yang terus meningkat setiap tahunnya. Dari selisih harga emas ini, para pemilik investasi dapat mendapatkan keuntungan yang jumlahnya bisa dibilang tidak sedikit. Sifat investasi emas yang memeluk hampir semua lapisan masyarakat, membuat beberapa orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan situasi tersebut untuk mencari keuntungan dengan jalan yang tidak benar atau merugikan orang lain. Oleh karena itu, untuk cara menghindari penipuan investasi emas, berikut beberapa tips yang perlu Anda ketahui

Jangan Tergiur dengan Keuntungan Besar

Selalu waspada dengan bisnis yang menawarkan keuntungan besar dan tidak wajar. Perusahaan gadungan ini juga tidak segan menawarkan nilai persentase yang pasti kepada calon investornya. Tidak ada bisnis investasi yang selalu memberikan nilai profit pasti dan bulat. Semua keuntungan sebuah investasi hanya dalam bentuk bunga tabungan bank.

Jangan Mudah Percaya

Pastikan Anda tidak mudah percaya dan tergiur dengan berbagai produk yang dihargai mahal. Jangan pula beranggapan bahwa produk yang mahal tersebut memiliki kualitas yang jauh lebih bagus dari produk yang ada di pasaran. Hal inilah yang menjadi peran bagian pemasaran mereka yang cenderung menghipnotis para calon korban.

Hindari Menitipkan Barang Investasi

Jika Anda sudah memutuskan untuk berinvestasi emas, pastikan jangan sampai menitipkan barang investasi Anda pada perusahaan yang berpotensi menipu Anda. Karena banyak sekali kejadian atau kasus penipuan yang dilakukan oleh perusahaan gadungan untuk melakukan penipuan berkedok investasi emas.

Mencari Informasi

Indonesia dikenal sebagi negara dengan inflasi yang terus meningkat ditiap tahunnya. Namun hal ini bukan menjadi alasan Anda untuk berinvestasi emas terlebih lagi jika informasi yang Anda dapatkan tidak begitu lengkap. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dalam memilih jenis investasi terutama bagi perusahaan yang belum mendapatkan izin dari pengelolaan investasi emas di OJK ( Otoritas Jasa Keuangan )

Mempelajari Cara Kerja Perusahaan

Anda juga harus mempelajari bisnis dari perusahaan terkait untuk memastikan perusahaan itu memperoleh keuntungan dari hasil bisnisnya bukan dari perpuran uang yang bermodalkan para nasabahnya. Carilah informasi selengkap-lengkapnya kepada orang-orang yang ahli di bidang investasi atau orang yang pernah berinvestasi di sana. Demikian artikel Cara Menghindari Penipuan Investasi Emas. Semoga bisa menjadi referensi Anda untuk selalu berhati-hati dalam melakukan investasi