Penginapan atau perhotelan adalah salah satu unit usaha yang berkembang di semua kota di seluruh dunia, terutama adalah kota besar dan kota tujuanwisata. Tak terkecuali adalah beberapa kota di Indonesia. peluang bisni skota tujuan wisata ini memang menjadi pilihan bagi pengusaha yang memiliki modal yang cukup. Dengan marketing hotel atau penginapan yang baik mereka meraup keuntungan yang banyak.

Strategi Marketing Hotel

Tantangan terberat di industri perhotelan adalah banyaknya persaingan. Terutama dengan pertumbuhan popularitas dari penginapan budget yang berbasis aplikasi. Namun keberadaan penginapan berbasis aplikasi sepertinya tidak mampu menggeser keberadaan penginapan atau hotel konvensional. Masing-masing memiliki pangsa pasar yang berbeda. 


Meskipun bagian marketing hotel terlalu akrab dengan tantangan ini, mereka masih ditugaskan untuk mencapai target pemasaran yang telah ditentukan. Jadi, seperti apapun tantangannya keberadaan hotel konvensional harus mampu bersaing dengan pendatang baru yang memakai manajemen hotel yang lebih baik dan teknologi digital lebih unggul yang berkembang pesat akhir-akhir ini.

Tips Strategi Marketing Hotel

Ketika melakukan pekerjaan marketing untuk hotel, dan kamu harus bersaing dengan penginapan aatau hotel alternatif yang mulai naik daun maka kamu tidak bisa hanya mengkamulkan marlketing konvensional. Pastikan kamu menggunakan tips marketing hotel dan penginapan berikut ini.

1. Memaksimalkan Pemasaran Internet

Teknologi telah mengambil alih berbagai aktivitas manusia, salah satunya adalah aktivitas pemasaran. Wisatawan saat ini dimungknkan untuk melakukan reservasi atau membandingkan harga setiap hotel bahkan tanpa meninggalkan tempat tidur mereka. Jadi, jika hotel kamu tidak mudah ditemukan secara online, maa bisnis kamu akan ketinggalan.

 

Pastikan setiap orang bisa menemukan hotel kamu di dunia internet. Sebagian besar wisatawan (sekiter 75%) memulai dengan menggunakan berbagai mesin pencari untuk menemukan tempat menginap, jadi pantau terus aktivitas SEO kamu . Gunakan kata kunci hotel populer di situs perhotelan kamu, dan pastikan situs kamu dapat dimuat dengan cepat.

 

Namun jangan hanya mengkamulkan optimasi website untuk mendapatkan kunjungan dari pencarian organik saja. Berbagai perusahaan hotel danpenginapan menggunakan iklan berbayar dair Google untuk meraup keuntungan dari banykanya kunjungan. kamu akan tertinggal ketika hanya mengedepankan optimasi organik.

 

Jangan membatasi usaha marketing kamu hanya pada satu platform sosial, mesin pencari, atau situs web perjalanan. kamu harus menggali analitik situs web kamu, mencari tahu dari mana orang biasanya mengetahi website kamu, dan mulai dari mana pelanggan dapat mengetahui website hotel kamu..

2. Marketing Proaktif

Ada langkah marketing unik yang dicontohkan oleh pada pedagang China tradisional. Ketika kamu membeli sesuatu di toko mereka, maka barang apapun yang kamu beli, mereka pasti akan mengatakan tersedia. Lalu mereka akan masuk melakukan cek barang meskipun ketika mereka keluar dengan hasil yang nihil atau barang habis.

 

Hal tersebut akan memberikan bayangan di para pelanggan bahwa barang di toko tersebut adalah lengkap, dan waktu itu mungkin kamu baru kurang beruntung sehingga kehabisan barang. kamu bisa elakukan teknik tersebut untuk marketing hotel kamu.

 

kamu bisa melakukan kerjasama dengan hotel lainnya untuk saling memberikan pelayanan ketika salah satu dari kamu ternyata pesanan sudah penuh. Dengan demikian kamu tidak ada celah untuk menolak pengunjung dengan alasan hotel kamu pesanan telah penuh. Disisi lain ada nilai tambah ketika kamu bekerjasama dengan hotel lainnya.

3. Pastikan Dengan Pangsa Pasar

Penginapan muah yang berbasis aplikasi biasanya disukai oleh para wisatawan backpacker. Sedangkan hotel mewah biasanya disukai oleh para eksekutif. Jenis hotel apa yang kamu pasarkan, dan siapa kebanyakan pelanggan kamu? Perlu ada strategi yang berbeda untuk marketing penginapan di pinggiran kota dengan hotel berbintang lima di pusat kota.

 

Pengunjung dari setiap hotel atau penginapan memesan dengan cara berbeda, bepergian dengan cara berbeda, dan memiliki anggaran berbeda. Itulah mengapa perangkat marketing hotel dan penginapan akan berguna.

 

Banyak hotel memiliki pelanggan yang bervariasi dengan tingkat pendapatan yang berbeda, karena mereka mungkin menawarkan kamar dengan harga yang lebih mewah (seperti suite presidensial) dan kamar lain yang sering dijual dengan harga diskon. Kedua jenis pelanggan ini perlu dipecah dan ditargetkan secara terpisah.

 

Bahkan ada perbedaan untuk jaringan hotel yang sama di lokasi yang berbeda. Semua hal ini sangat penting untuk dipertimbangkan saat melakuka perencanaan dalam pemasaran hotel kamu. Jika perlu, kamu mungkin perlu membagi type pelanggan menjadi dua, tiga, atau bahkan empat target market terpisah yang nantinya dapat memudahkan dalam menanganinya. kamu bisa mencontoh cara pengiklanan di Facebook yang memecah audiens menjadi beberapa kriteria.

4. Alokasikan Lebih Banyak Anggaran Marketing Selama Musim Pemesanan

Cari tahu kapan aktivitas hotel dan penginapan menjadi sibuk, stabil, dan lambat, lalu sesuaikan anggaran marketing kamu. Google dan platform iklan berbayar lainnya memberikan fitur yang mudah dalam menyesuaikan anggaran kamu secara berkelanjutan.

 

Hal lain yang bisa dimanfaatkan adalah penjadwalan iklan. Kapan orang biasanya memesan penginapan mereka? Mungkin kamu menjalankan hotel yang sering dikunjungi pengunjung untuk urusan bisnis; maka bisa ditebak bahwa orang seperti ini mungkin cenderung memesan lebih banyak selama jam kerja dibandingkan dengan orang-orang yang bepergian untuk rekreasi yang lebih cenderung memesan selama malam hari atau akhir pekan.

5. Berikan Nilai Lebih untuk Menarik Pengunjung

Hotel kamu perlu memiliki alasan yang mengarahkan prospek kamu untuk memilih hotel atau penginapan kamu daripada yang lain. Jika tidak ada alasan yang jelas, seperti mendapatkan harga terendah atau ulasan terbaik, lakukan penawaran unik yang dapat kamu berikan kepada pengunjung. Misalnya, kamu dapat menawarkan diskon 15% kepada semua tamu yang baru pertama kali datang.

6. Bangun Kemitraan Lokal

Berteman dengan pemilik bisnis lokal adalah cara yang bagus untuk membangun kemitraan dan saling mempromosikan satu sama lain, termasuk kamu merekomendasikan hotel lain ketika kamaar kamu telah penuh dimana hotel lain tersebut telah menjalin kerjasama dengan kamu.

 

kamu dapat bermitra dengan tempat pembuatan minuman lokal populer atau bisnis lain yang memiliki hunungan dengan bisnis perhotelan dan pariwisata. Membangun hubungan ini akan menghasilkan pemasaran yang mudah, efektif, dan terjangkau yang pasti akan meningkatkan pemasukan hotel dan penginapan kamu.

7. Pasarkan Hal Lain

kamu jangan hanya memasarkan hotel saja, namun kamu bisa memasarkan hal lain seperti agenda lokal di kota kamu. Berbagai pagelaran seni yang di adakan rutin di kote kamu bisa kamu iklankan di website kamu. Dengan demikian, akan ada penyebaran informasi atau lebih jelasnya adalah pengumuman bahwa akan ada semacam pagelaran seni di kota kamu.

 

Hal ini diharapkan akan menambah kedatangan wisatawan dari daerah lain untuk datang ke kota kamu. Inilah yang akan menjadikan hotel kamu sebagai tempat transit selama liburan menikmati pagelaran seni di kota kamu.

8. Pastikan Situs Web Kamu Siap Menerima Booking

Ada begitu banyak situs web hotel yang malas dalam desain situs web mereka. Jika situs web kamu tidak bersih dan menarik, maka pengunjung akan malas mengakses situs website kamu, apalagi akan memesannya melalui online. Situs web sering kali memberikan kesan pertama bagi seseorang yang pertama kali mnegunjungi website tersebut, jadi kamu harus membuatnya menakjubkan, tetapi juga bermanfaat .

 

Artinya, website kamu akan terasa mudah dan nyaman bagi pengguna di semua jenis perangkat untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan serta untuk melakukan reservasi. Fokuslah untuk menjaga desain dan navigasi tetap bersih, segar, dan sederhana ketika membangun website. Pastikan foto hotel kamu profesional, beresolusi tinggi, dan ditampilkan dalam format dan rasio yang benar agar berfungsi baik untuk desktop maupun seluler.

 

Pastikan proses pemesanan mudah untuk menghindari konsumen yang lari di tengah pemesanan. kamu bisa menggunakan konten video untuk memamerkan ruang hotel kamu dengan cara yang lebih menyeluruh dan menarik. Untuk hasil lebih bagus kamu bisa mempercayakan kepada jasa pembuatan website profesional di kota kamu.

9. Lakukan Lebih Jauh dalam Layanan Pelanggan

Pemasaran dan layanan pelanggan berjalan seiring, terutama di industri perhotelan. Jika kamu menberikan pelayanan satu langkah lebih maju, maka pelanggan kemungkinan besar akan melakukan hal yang sama untuk kamu dalam hal ulasan online, rujukan, dan bahkan akan mengunjungi kembali di lain waktu.

 

Langkah pertama adalah memastikan staf kamu dipekerjakan dan dilatih dengan mentalitas yang mengutamakan pelanggan. Meskipun memanajemen orang lain penuh tantangan, selalu mengutamakan pelanggan adalah hal yang penting.

 

Jika ada pelanggan yang menemukan kesalahan segeralah meminta maaf. kamu bisa meminta maaf dengan cara memberikan bingkisan minuman ringan atau apapun dengan kartu ucapan tulisan tangan permintaan maaf. Ketika pelanggan diperlakukan dengan sangat baik, mereka akan cenderung berbagi pengalaman dengan orang lain, sehingga menghasilkan lebih banyak reputasi positif untuk hotel kamu.

10. Bangun Program Loyalitas Pelanggan

Program loyalitas pelanggan adalah cara yang bagus untuk memastikan pelanggan kembali lagi di lain hari. Program-program ini dirancang untuk memberikan diskon besar dan keuntungan khusus bagi pengunjung yang kembali. kamu bisa mengemasnya dengan memberikan poin dan level tertentu setiap tahun. kamu bisa memberikan penghargaan dalam bentuk apapun kepada pelanggan yang telah mencapai poin atau level tertentu.