Tips untuk Kamu yang lagi Work From Home (WFH).

(Andrea Piacquadio/Pexels)

Tidak ada yang perlu diingatkan mengenai pandemi yang sedang berlanjut sekarang ini, kita mengetahui bahwa sebagian besar perusahaan-perusahaan raksasa teknologi seperti Google, Amazon, dan juga Meta mulai menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH), dengan fleksibilitas yang ditawarkan tentunya datang dengan banyak tantangan juga.

Work from home atau bekerja dari rumah tidak semudah yang dibayangkan, dengan tantangan-tantangan dimulai dari persiapan diri sebelum memulai kerja, laporan harian yang dikerjakan apa saja, kemudian cara mengatur tim di dalam departemen, dan masih banyak lagi. Tentunya, kita harus dapat memberikan solusi yang dapat berpihak sama rata baik itu kepada pemimpin perusahaan maupun pegawainya. Jadi, min Ribrick pikir ini adalah saat yang tepat untuk memberikan tips serta edukasi bagi kamu yang sedang WFH saat ini.

Apa itu WFH?

Work from home (WFH) atau nama lain dari remote working adalah sistem yang memungkinkan pegawai atau pekerja untuk bekerja dari rumah, mengerjakan tugas harian dari rumah dan memberikan laporan tanpa harus bertemu di kantor atau office. Sehingga, dari sisi pegawai akan lebih memudahkan sebab tidak ada beban transportasi ke kantor, tetapi harus menyiapkan koneksi internet yang stabil untuk keperluan meeting.

Yang menjadi permasalahan dari sistem bekerja dari rumah ini kadang kali cenderung memberikan tekanan yang berlebihan terutama bagi mereka yang bekerja pada perusahaan konvensional. Berangkat dari permasalahan ini juga ada satu hal yang tidak kalah pentingnya, yaitu ketidakcocokan sistem WFH bagi mereka yang harus datang langsung (onsite) seperti pabrik, operasional produksi, manufaktur, dan ada pula pekerjaan informal yang tidak bisa WFH seperti driver atau pengemudi baik itu motor maupun mobil dan ojek online..

Oleh karena itulah dapat dikatakan bahwa skema bekerja dari rumah tidak dapat diaplikasikan pada banyak bidang pekerjaan. Itu kekurangan dari WFH. Untuk kelebihannya sendiri fleksibilitas yang ditawarkan saat WFH ini tidak terbatas, dan kamu bisa lebih dekat dengan keluarga pada saat bekerja dari rumah, belum lagi tidak ada beban transportasi, seperti min Ribrick yang harus PP Tangerang-Jakarta Timur sejauh 120 km dengan bensin Rp 20.000,-. Jadi, bisa lebih hemat waktu dan ongkos kan, hehe.

Tips untuk yang sekarang bekerja dari rumah

Min Ribrick ada tips nih buat sobat yang saat ini kerja dari rumah (WFH), apa aja itu tipnsya? Yuk simak info berikut.

Tetap fokus dan produktif pada tugas

Walaupun sistem WFH berlaku bukan berarti ini waktunya untuk santai ya guys, soalnya kita juga ada tuntutan untuk memenuhi goals perusahaan yang sudah tertuang dalam KPI. Tentunya kita juga ga mau kan terlepas dari status pekerjaan saat ini?

Cara untuk tetap fokus dan produktif yang pertama adalah melakukan detoksifikasi dopamin. Kita seringkali sebagai manusia suka khilaf menggunakan kecanggihan teknologi bernama ponsel pintar, bangun pagi eh yang dilihat malah hpnya, terlalu banyak kecanduan dan keseringan scrolling media sosial apalagi TikTok. Hayoloh, jadi ketahuan kan.

Nah, untuk meminimalisir hilang fokus dan produktivitas menurun, ada baiknya kamu lakukan detoksifikasi dopamin dengan menghilangkan faktor seperti hp dalam hidup kamu, mengurangi melakukan sesuatu yang sia-sia, apalagi buang waktu dan tidak menghasilkan uang sama sekali itu harus ditinggalkan ya sob.

Jaga komunikasi dengan atasan kamu

Apakah kamu merasa bahwa sekarang jadi lebih sering meeting online? Rasanya interaksi sosial seperti dikurangi aja gitu pada saat meeting secara online. Oleh karena itulah, tetap jaga komunikasi dan interaksi sosial dengan atasan kamu, buat bagaimana caranya agar kamu bisa menyampaikan keluhan, kritikan, dan masalah dengan lebih baik. Kemudian utarakan pendapat-pendapatmu tentang pengembangan bisnis jika atasanmu COO, tanyakan mengenai bug di kode yang tak terselesaikan jika atasanmu CTO, dan masih banyak lagi.

Menjaga hubungan baik dengan atasan kamu di zaman pandemi ini juga sangat penting apalagi dengan banyaknya pertemuan daring, rasanya kamu harus lebih ekstra menjaga ucapan, sikap, dan jangan sampai bermalas-malasan ya sob!

Belajar bersama-sama dan manfaatkan waktu serta sumber daya yang ada untuk berkembang

Tentu saja kesempatan untuk bisa bekerja dari rumah merupakan salah satu hak istimewa yang dapat kamu miliki. Tapi, apa dengan bekerja dari rumah bisa membuat kamu berkembang? Bagaimana caranya biar kamu bisa memanfaatkan waktu terbatas dan sumber daya yang kamu miliki saat ini untuk berkontribusi besar pada perusahaan.

Seringkali karyawan yang work from home merasa stuck atau stagnan pada progresnya, sehingga tidak ada kemajuan diri dan kapabilitas untuk berkembang melalui tantangan workflow yang berat seperti di kantor. Tentu saja hal ini imperatif, tetapi kamu harus tetap bisa memanfaatkan waktu kamu ya sob, kalau bisa sih pelajari skill baru nih.