Wah, kalau ngomongin soal teknologi memang tidak akan ada habisnya dan selalu setiap tahunnya banyak sekali perubahan dan perkembangan yang semakin masif dan signifikan, kita benar-benar harus jadi pribadi yang adaptif dan cepat tanggap terhadap perubahan zaman ya sobat Ribrick.

Di zaman yang terus berkembang ini teknologi komputer apalagi komputer personal atau PC akan terus berkembang pesat untuk memenuhi kebutuhan manusia di saat ini, tapi apakah kamu pernah berpikir bagaimana sih sebenarnya Sistem Komputer bekerja, seberapa rumitkah mekanisme pengerjaan sistem komputer personal atau PC? Nah, itu dia yang akan menjadi topik bahasan min Ribrick pada kali ini yaitu penjelasan perangkat keras atau hardware PC . Walaupun memang kebanyakan orang lebih suka menggunakan komputer daripada memikirkan bagaimana cara kerja sistem komputer itu sendiri, tidak ada salahnya kamu mempelajari teknologi termutakhir ini sob.

Menurut sejarah, Charles Babbage yang diklaim sebagai orang pertama merupakan orang yang mengerti bagaimana progres atau cara kerja suatu sistem komputer, hal tersebut tidak lain dan tidak bukan alasannya adalah karena beliau merupakan orang pertama yang menemukan komputer pada kala itu. Komputer pertama ini juga dikembangkan pada perang dunia ke II (dua) untuk mengetahui potensi strategis yang dimiliki komputer dalam mengontrol strategi perang jarak jauh dan mengacak-acak strategi musuh sebagaimana yang dilakukan oleh matematikawan Alan Turing untuk mengetahui strategi Nazi dan membantu sekutu dalam mengalahkannya.

Cara Kerja Sistem Komputer

(Oleg Magni/Pexels)

1. Input (Masukan)

Input adalah tahapan awal dari proses pada Sistem Komputer. Tahap ini berupa pemasukan data mentah pada komputer melalui Input Device (alat masukan) yang terdapat pada komputer. Contoh dari peralatan untuk memasukan data mentah antara lain : Mouse, Keyboard (papan ketik), Scanner, Kabel USB (Universal Serial Bus), Microphone, Flashdisk, Webcam atau Perangkat Kamera Tertanam, dan lain-lain yang hendak diolah. Seperti keyboard, yang digunakan untuk mengetik angka, huruf, dan simbol-simbol untuk membuat artikel yang selanjutnya akan diproses lebih lanjut.

2. Procces (Proses)

Contoh otak utama Central Processing Unit, motherboard . (Athena/Pexels)

Untuk tahap proses pada Sistem Komputer, data yang telah diolah melalui Input Device (alat masukan) akan diolah lebih lanjut dan diproses oleh CPU (Central Processing Unit) untuk bisa dicetak maupun ditampilkan pada monitor. CPU ini akan memproses data dengan sedemikian rupa melalui perhitungan logika ALU (Arithmetic Logical Unit) dan juga pengontrolan atau yang biasa disebut Control Unit (CU).

3. Output (Keluaran)

Jika data mentah yang telah dimasukkan melalui perangkat Input dan diproses melalui CPU, maka giliran perangkat output menampilkan data menjadi informasi yang lebih bermanfaat. Informasi terbagi dalam dua bagian yaitu Hardcopy dan SoftcopyHardcopy berarti data yang telah diolah menjadi media fisik seperti kertas, banner ataupun lainya, untuk Softcopy data yang diolah menjadi berupa tampilan pada monitor dan projector.

4. Storage (Media Penyimpanan)

Tahap terakhir pada Sistem Komputer ini merupakan alat perekam untuk menyimpan hasil pengolahan dari sang pengguna atau biasa disebut Brainware dan dapat dipergunakan lagi sebagai input untuk proses selanjutnya jika sewaktu-waktu perlu digunakan. Bahkan media penyimpan sampai saat ini juga terus dikembangkan, yang pada mula-mula hanya sebesar 4,5 MB (MegaByte) kini bisa mencapai hingga 1.000 TB (TeraBytes).

Contohnya pada sebuah gambar. Jika kamu mengarahkan kursor pada gambar maka kursor akan berubah menjadi gambar tangan yang jika diklik kanan akan ada perintah Save Picture As yang artinya simpan gambar sebagai, ini membuktikan data dapat kita unduh (Download) untuk kita simpan.

Sebenarnya, pengolahan data yang kita lakukan pada perangkat yang kita gunakan ini tidak ada batasnya, itu terbukti dari informasi yang kita dapat lalu diolah sebelumnya. Jadi kita bisa mengembangkanya menjadi Informasi yang lebih bermanfaat daripada sebelumnya.

Jadi kesimpulan mekanisme sistem kerja komputer bergantung pada beberapa pilar fundamental agar bisa berjalan secara fungsional dan sempurna, beberapa di antaranya adalah perangkat keras seperti media penyimpanan dalam bentuk harddisk, kemudian ada juga proses input dan output, ada pula hardware lainnya yang berkontribusi dalam menjalankan suatu sistem komputer. Jika saat ini kamu membutuhkan konsultasi mengenai teknologi informasi gratis, boleh hubungi PT Ribrick Teknologi Utama atau melalui surel elang@ribrick.id dan kami siap membantu integrasikan teknologi untuk bisnis kamu.