Sebagai seorang pengusaha, kamu akan menghadapi banyak sekali tantangan terutama dalam menempatkan perusahaan di pasar bisnis. Kesalahan dalam berkomunikasi dapat saja terjadi ketika kamu sedang berusaha membangun hubungan dengan pelanggan dan pemasok. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengenali kesalahan dalam berkomunikasi baik kesalahan yang kamu buat secara pribadi atau ketika menggunakan teknologi komunikasi.
Komunikasi Telepon
Kesalahan berkomunikasi dalam menyampaikan pesan bisa saja terjadi pada saat kamu sedang terburu — buru. Ada tiga contoh kesalahan yang mungkin saja kamu lakukan. Sebagai contoh, ketika menggunakan smartphone, awalnya mungkin kamu bermaksud untuk membalas email. Akan tetapi, kamu melakukan kesalahan dalam hal menuliskan ejaan dan susunan kalimat. Kedua, kamu bisa saja salah paham dalam mengartikan informasi yang ada. Sebagai contohnya dengan membaca laporan — laporan melalui telepon genggam yang tulisanya tampak terlalu kecil untuk dibaca dan kemudian kamu menghubungi konsumen berdasarkan kesalahpahaman informasi. Ketiga, kamu barangkali menjanjikan layanan khusus kepada seseorang dan kemudian lebih memilih menggunakan smartphone untuk menjawabnya dibandingkan menunggu pada saat kamu berada di depan komputer
Pemasaran
Para pengusaha juga bisa melakukan kesalahan besar pada saat mem-buat merk dagang untuk bisnis mereka. Keempat, jika memungkinkan lebih baik menggunakan layanan iklan dan menyisipkan pesan untuk memasarkan salah satu aspek dari merek usaha kamu seperti layanan konsumen yang baik. Dalam hal ini, hindari menjatuhkan nama perusahaan lain dan buatlah pelatihan khusus bagi petugas layanan konsumen. Kelima, kamu barangkali menggunakan pesan pemasaran untuk meyakinkan konsumen bahwa produk kamu lebih baik daripada produk sejenis dari perusahaan lain. Taktik seperti ini tidak boleh digunakan untuk mengkomunikasikan nilai merk perusahaan kamu kecuali kamu menyertakan data perbandingan antar merk secara real dengan menggunakan sumber yang independen.
Menejemen
Para pengusaha seringkali memberikan pelayanan layaknya sebagai manejer, terutama saat mereka membuat keputusan — keputusan penting dalam menjalankan operasional sehari — hari. Kesalahan keenam adalah membuat keputusan secara gegabah dan mengumumkanya kepada para karyawan. Bertindak secara gegabah hanya akan menimbulkan masalah baru di kemudian hari. Kesalahan yang ketujuh adalah menyampaikan pesan yang tidak sesuai dengan tingkat pengetahuan penerima pesan. Sebelum membuat pesan pengumuman kepada konsumen, pertimbangkanlah tingkat pengetahuan konsumen. kamu tentu saja tidak mau sesuatu yang tidak diinginkan terjadi dan bisa menjatuhnya merek produk kamu.
Kesalahan kedelapan adalah melakukan sebuah kebohongan kepada konsumen ketika konsumen tersebut meminta pendapat kamu. Bersikap jujur merupakan hal yang terbaik.
Komunikasi secara individu
Sebagai seorang pengusaha, janganlah membuat kesalahan yang ke sembilan dengan mencampur adukan urusan pekerjaan dengan kehidupan pribadi. Contohnya, jangan membawa urusan pekerjaan ke rumah. Kesalahan yang cukup fatal yang sebaiknya dihindari ialah menangani konsumen yang marah di akhir jam kantor terutama ketika kamu sudah merasa lelah. Pilihlah waktu diawal hari untuk menangani berbagai keluhan dari konsumen dan berupaya memberikan tindak lanjut dari keluhan — keluhan tersebut.