Industri pariwisata yang berkembang pesat di beberapa kota Indonesia ternyata membukalebar-lebar pintu investasi bagi usaha kecil menengah. Berbagai inspirasi bisnis bisa kamu jadikan pilihan untuk mendapatkan pemasukan. kamu bisa memulai dari skala kecil dahulu namun memastikan bisnis kamu berjalan dengan baik.


Jenis usaha di bawah ini bisa kamu bangun jika kamu memiliki lahan di daerah wisata. Dengan memiliki lahan di daerah wisata, maka sebenarnya kamu sudah memiliki modal terbesar dalam pembukaan usaha. Inilah beberapa peluang bisnis di daerah wisata.

Jasa Transportasi Wisata

Transportasi wisata menjadi salah satu bisnis yang berkembang di beberapa kota wisata seperti Yogyakarta dan Bali. Selain melayani perjalanan wisata bagi wisatawan lokal, jasa perjalanan wisata di beberapa kota wisata juga melayani perjalanan wisata bagi wisatawan mancanegara. Salah satu perusahaan perjalanan wisata di Yogyakarta yakni Yogyakarta tours bahkan menjaring wisatawan mancanegara melalui pembangunan website yang dioptimasi. Kamu juga bisa buat bisnis serupa seperti agen tour and travel.

 

Biasanya dalam perkembangannya, perusahaan rental kendaraan wisata akan mengembangkan bisnisnya menjadi layanan perjalanan wisata yang akan memberikan penawaran paket unjungan wisata di berbagai destinasi wisata satu kota. Perusahaan seperti ini tentu membutuhkan tenaga yang benar-benar hkamul, terutama dalam hal penguasaan bahasa asing.

 

Bahkan di Yogyakarta sendiri beberapa tukang becak yang melayani perjalanan wisata bagi wisatawan mancanegara dibekali oleh bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional. Maka tidak heran jika perusahaan perjalanan wisata harus memksimalkan kemampuan personilnya dalam bahasa asing, terutama bahasa Inggris.

Gerai Cenderamata

Bisnis gerai ceneramata biasanya sangat cocok dibangun pada daerah yang memang dekat dengan spot wisata. Biasanya penduduk sekitar destinasi wisata akan membuka gerai cinderamata di dekat dengan destinasi wisata. Beragam cinderamata bisa kamu jual, namun sebaiknya sediakan cenderamata yang sesuai dengan destinasi wisata.

 

kamu bisa menjual kaos tema pantai di lokasi dekat pantai, atau menjual sweater yang memiliki tema pada destinasi wisata yang berhawa dingin. Bisa juga dengan melakukan produksi sendiri seperti kaos sablon, asesoris wanita seperti gelang kalung dan berbagai benda unik lainnya. Dengan produksi sendiri sebagian masyarakat di daerah wisata membuat sentra kerajinan di desa masing masing.

Bisnis Kuliner

Kegiatan berlibur tidak akan lengkap tanpa aktifitas yang satu ini, yaitu mencicipi kuliner khas daerah wisata. Jika kamu berkunjung ke Pantai Parangtritis, kamu bisa menikmati berbagai sajian seafood di daerah Depok yang tidak jauh dari pantai Parangtritis. Dan memang masakan khas pantai adalah seafood.

 

Terkadang berbagai kuliner unik yang ada di destinasi wisata bisa menarik pengunjung untuk mencicipinya. Seperti makanan manis carica di daerah Dieng, makanan ekstrim belalang goreng di daerah Gunungkidul, Yogyakarta dan sebagainya.

 

Opsi lainnya adalah kamu bisa membangun resto di daerah wisata. Bangun resto dengan konsep yang unik juga dapat menarik minat wisatawan untuk mampir. Selain itu hal yang tidak boleh ditinggalkan adalah spot fotografi. Buatlah konsep resto yang memiliki view yang bagus untuk digunakan sebagai spot fotografi.

Penginapan

Inspirasi bisnis untuk daerah destinasi wisata lainnya adalah penginapan. kamu bisa membangun penginapan mulai dari hotel, losmen sampai dengan homestay. Semua tergantung modal yang kamu miliki untuk berinvestasi. Meskipun modal yang dikeluarkan cukup besar meskipun yang kamu bangun hanyalah homestay, tetapi dengan riset yang tepat konversi ke pemasukan akan jelas terlihat.

 

Kamu bisa bekerja sama dengan aplikasi wisata yang sudah populer di Indonesia. Tren dari masyarakat saat ini lebih kepada kefektifan. Menggunakan aplikasi wisata untuk melakukan booking bisa mempermudah urusan dan mempersingkat waktu. Karena itu bisnis kamu harusnya menyesuaikan dengan perkembangan jaman. 

 

Dalam membangun penginapan seperti homestay, kamu perlu melakukan pertimbangan matang. Mulai dari layanan yang akan kamu tawarkan, fasilitas yang memadai, sampai pada pembuatan konsep desain interior bangunan.

 

Itulah ulasan mengenai inspirasi bisnis di kota tujuan wisata seperti Yogyakarta. Dengan mengambil peluang lebih awal, maka sebenarnya kamu membuka front persaingan lebih awal, dan itu bisa memungkinkan keberhasilan akan diraih lebih awal. Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi bagi kamu. Terima kasih.