Spektakuler. Hal ini yang sedang dialami oleh berbagai industri konten kreatif. Penghargaan yang diberikan Indonesia terhadap industri konten kreatif seperti ebook, musik, ring back tone (RBT), film, game dan aplikasi hasil karya anak bangsa, diakui tetapi juga semakin dihargai dan mendapat tempat dihati masyarakat Indonesia. Perkembangan ini berjalan seiring dengan semakin banyaknya pengguna telepon seluler dan perkembangan dunia internet yang ada di Indonesia yang selalu meningkat dari tahun ke tahun. Para pengembang/pengusaha industri konten kreatif ebook, musik, ring back tone (RBT), film, game dan aplikasi yang bekerja sama dengan provider seluler semakin merasakan dampak positif dengan adanya kerjasama yang bersimbiosis mutualisme ini. Mereka (baca: para pelaku industri konten kreatif) tidak perlu merasa was-was atau bahkan takut lagi dengan adanya pembajakan yang sempat mengoyak bisnis mereka di masa lalu.

(Pixabay)

Seiring semakin dihargainya pengembang industri konten kreatif di Indonesia, bukan hanya kreativitas yang meningkat, tetapi juga memberikan dampak positif pada bidang perekonomian di Indonesia. Dalam hal ini yang paling merasakan dampak positif perkembangan industri konten adalah industri musik dan pembuat aplikasi. Contoh nyatanya pada Industri musik Indonesia. Industri musik Indonesia belakangan memang sempat meredup. Hal ini dikarenakan banyak pihak yang tidak bertanggung jawab dengan mengunggah (baca: upload) hasil karya para musisi ke situs free file sharing. Sehingga dengan mudah diunduh secara ilegal oleh sebagian besar masyarakat yang belakangan ini sudah menjadi gaya hidup masyarakat (lifestyle). Tetapi sekarang para pelaku industri musik yang bekerja sama dengan provider seluler sudah mampu tersenyum lega karena karya mereka sudah semakin dihargai.

Provider seluler memberikan tempat bagi para musisi Indonesia dengan membuat lagu ciptaan mereka untuk dijadikan Ring Back Tone (RBT). Pengembang Game dan aplikasi juga semakin kreatif dan berkembang akibat adanya kerjasama dengan provider seluler. Untuk pengembang industri konten kreatif ebook dan film masa yang akan datang, pastinya juga akan mengikuti positive trend yang sudah berhasil didapatkan oleh para pelaku industri musik, pengembang game dan aplikasi. Dengan begitu, Indonesia mampu melejitkan sisi perekonomian dari perkembangan industri konten tentunya.

Berkembangnya konten kreatif memang tidak luput dari kontribusi masyarakat yang ada di dalamnya. Banyak orang mulai menilai bahwa kegiatan yang dilakukan di internet tidak selamanya negatif, bahkan anak-anak sekolah pun sekarang dapat mulai memanfaatkan infrastruktur internet seperti media sosial untuk berjualan ataupun untuk memulai bisnis online mereka. Selain itu, ada pula kreator konten, pembuat musik, dan editor video yang ikut meramaikan industri ekonomi kreatif Indonesia dan memulai perkembangannya.

Tidak banyak orang sadari, industri konten kreatif di internet adalah masa depan. Para generasi Z dan generasi terbaru nantinya akan membantu menguatkan pondasi ekonomi Indonesia dengan bonus demografi yang ada. Tentunya, peran serta dukungan pemerintah sangat diutamakan, daripada nantinya talenta-talenta terbaik Indonesia yang mahir dalam beberapa posisi seperti 3D Motion Designer, Sound Engineer, Digital Marketer, dan segudang profesi yang relevansinya dekat dengan industri konten kreatif diambil oleh perusahaan-perusahaan luar negeri. Tanggapanmu bagiamana sob?