Teknologi yang dapat mengabadikan gambar adalah kamera. Kamera kini telah menjadi salah satu benda yang “must have” atau wajib dimiliki oleh sebagian masyarakat yang berpenghasilan lebih.

Harga sebuah kamera bervariatif, tergantung fungsi dan fitur yang ditawarkan masing-masing kamera tentunya. Memang, kamera bukan barang murah. Itu sebabnya, harus sebaik-baiknya dijaga agar tidak cepat rusak dan mengharuskan kamu membeli yang baru. Kamera juga termasuk salah satu benda optik yang teknologi-nya membutuhkan perawatan khusus, terutama dalam hal penyimpanan dan perawatan lensa. Mari simak apa-apa saja yang harus dilakukan untuk merawat kamera.

(Pixabay)

Penyimpanan Gadget Kamera

• Simpanlah kamera pada suhu ruang yang baik. Ada beberapa tempat penyimpanan kamera yang ditawarkan toko-toko peralatan fotografi. Salah satunya adalah dry cabinet. Dry cabinet berbeda dari cabinet-cabinet yang sering kita lihat di kantoran. Dry cabinet untuk kamera didesain dengan pengatur suhu ruangan yang pas untu kamera.

• Gunakan silica gel. Silica gel ini sangat terkenal untuk merawat gadget seperti kamera dan handphone. Selain karena silica gel kedap udara, silica gel juga menjaga kamera dari bahaya basah terkena air.

• Jangan menumpuk kamera dengan benda-benda lain di dalam wadah penyimpanan, termasuk alat teknologi lain. Usahakan melepas tali kamera saat hendak disimpan di dalam kotak penyimpanannya. Ini dikarenakan agar tidak terjadi penumpukan benda yang akan memberikan tekanan pada fisik kamera.

Perawatan Lensa

• Jangan biarkan lensa terbuka lama saat kamu tidak menggunkannya lagi. Hal ini bertujuan agar debu tidak mudah menempel, mengurangi resiko terjadinya goresan/ retakan atau basah terkena percikan air. Tutuplah selalu kamera seusai digunakan.

• Bersihkan lensa dengan selembar kain lap khusus kamera. Hindarkan mengelap lensa dengan gerakan naik turun. Gunakan gerakan memutar agar lensa lebih bersih.

• Jauhkan lensa dari terpaan panas matahari terlalu lama

• Gunakan case/ tas penyimpanan kamera yang berbahan dasar tahan air dan berlapis busa untuk menghindarkan benturan keras pada kamera bila terjatuh.

Silahkan praktikkan cara perawatan gadget ini bila ingin kamera kamu awet dan terjaga kualitasnya.