Cara Menghemat Biaya Perawatan Mobil – Jika kamu memiliki mobilitas tinggi, tentunya kehadiran mobil pribadi juga sangat penting bagi kamu. Kendaraan ini pastinya harus dirawat secara berkala agar selalu dalam kondisi prima. Akan tetapi, saat ini biaya mobil bisa dibilang cukup mahal, baik itu dari segi perawatan mesin hingga interior mobil.

Mengingat mesin mobil terdiri dari ratusan komponen, demi mendukung segala aktivitas sehari-hari kamu, sebaiknya rawatlah mobil kamu secara berkala. Cobalah melakukan beberapa cara di bawah ini agar dapat menghemat biaya perawatan mobil. Berikut ulasan lengkapnya

Menghindari suku cadang palsu

Saat ini banyak beredar suku cadang abal-abal yang tentunya memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan suku cadang aslinya. Hal inilah yang akan menggoda kita untuk membelinya dengan alasan menghemat pengeluaran hingga membeli suku cadang palsu. Namun, suku cadang palsu ini justru akan membuat mesin mobil kamu bermasalah, bahkan bisa saja merusak bagian lainnya. Niatnya sih menghemat, tetapi malah keluar uang banyak untuk perbaikan mobil akibat dari suku cadang palsu tersebut.

Selalu cek angin

Hal ini terlihat cukup sepele, namun jika kamu tidak lakukan justru akan menimbulkan masalah besar hingga mobil kamu terpaksa masuk bengkel. Meski ban mobil kempes sedikit, ada baiknya segera lakukan cek dan isi angin. Ban kempes membuat mobil lebih banyak bensin karena harus bekerja ekstra keras, selain itu ban mobil bisa saja pecah saat dikendari ditengah jalan. Jika sudah pecah, tentu kamu harus lekas mengganti ban mobil tersebut.

Servis rutin

Jangan sampai kamu menunda jadwal servis rutin mobil. Memang servis rutin ini terkesan kamu akan mengeluarkan biaya untuk perawatan mobil. Namun, jika kamu tidak melakukannya, justru mobil akan mengalami kerusakan yang cukup parah hingga kamu harus mengeluarkan uang banyak untuk memperbaikinya. Perlu kamu perhatikan, servis rutin ini dapat kamu lakukan dengan mengecek komponen-komponen seperti kondisi busi, pendingin mesin, power steering dan rem.

Rutin ganti oli

Oli merupakan pelumas mesin yang sangat berperan penting dalam perawatan sebuah mobil. Oli juga dapat dijadikan sebagai pendingin sekaligus pelindung sparepart mobil agar terhindar dari karat serta menutup celah pada dinding-dinding mesin. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan penggantian oli secara rutin setiap 5000 kilometer ataupun 10000 kilometer sesuai dengan jenis oli yang tepat untuk mobil kamu.