Cara Mengajukan Kredit Usaha Rakyat KUR – Kredit Usaha Rakyat atau yang lebih kita kenal dengan KUR merupakan layanan perkreditan yang ditawarkan pemerintah melalui perbankan kepada seluruh UMKMK dan koperasi. KUR terdiri dari semua bentuk usaha, terutama bagi usaha yang bergerak di sektor produktif misalnya pertanian, perindustrian, perikanan dan kelautan, kehutanan dan jasa simpan pinjam.

Pemerintah sangat berharap kepada seluruh lapisan masyarakat agar layanan pinjaman Kredit Usaha Rakyat ( KUR ) ini bisa sepenuhnya terakses manfaatnya dengan efektif. Pada umumnya pelaksanaan KUR sendiri bertujuan untuk pemberdayaan usaha mikro, kecil, menengah, koperasi. Penyaluran KUR ini dilaksanakan melalui 2 cara yakni penyaluran KUR secara langsung dan tidak langsung. Penyaluran secara langsung dilakukan oleh UMKM dan Koperasi dengan cara mendatangi langsung cabang kantor atau Pembantu Bank Pelaksana. Sedangkan penyaluran KUR secara tidak langsung dilakukan melalui Lembaga Keuangan Mikro dan KSP Koperasi.

Cara Mendapatkan Kredit Usaha Rakyat KUR

Terkadang masyarakat masih bingung tentang bagaimana prosedur mendapatkan KUR. Padahal para pelaku UMKM ini sangat membutuhkan program yang seperti ini. Oleh karena itu, jika Anda ingin mendapatkan kredit dengan plafon kedit hingga 500 juta dari KUR, perhatikan hal-hal berikut ini :

Usaha atau bisnis Anda harus termasuk dalam kategori usaha produktif, misalnya usaha kerajinan, warung atau rumah makan, salon kecantikan dan lain-lain. Usaha Anda juga harus sudah berjalan selama 6 bulan dan memiliki laporan keuangan yang baik, artinya usaha Anda dapat meraih untung dan tidak selalu merugi.

Siapkan beberapa kelengkapan dokumen, mulai dari KTP, Kartu Keluarga (KK), Surat Keterangan Domisili, Akte Pendirian Usaha, Proposal Usaha, Surat Ijin Usaha atau SIPU/TDP, Laporan Keuangan Usaha dan syarat lain yang diminta oleh pihak yang terkait dalam hal ini adalah pihak Bank.

Setelah Anda selesai menyiapkan berkas dokumen yang diminta, Anda bisa mendatangi kantor Bank penyalur Kredit Usaha Rakyat. Beberapa bank yang di tunjuk pemerintah sebagai penyalur KUR ialah Bank BRI, BTN, BNI, BNI Syariah, Bank Mandiri, Bank Syariah Mandiri, dan Bank Bukopin. Tanyalah kepada pihak bank mengenai bagaimana cara mendapatkan Kredit Usaha Rakyat KUR tersebut.

Selanjutnya, serahkan Surat Permohonan KUR Anda yeng telah dilengkapi dengan berkas atau dokumen yang diperlukan untuk pengajuan KUR. Pihak bank kemudian akan melakukan survey pada usaha Anda, lalu bank akan menilai apakah Anda pengajuan KUR Anda layak diterima atau tidak. Apabila usaha Anda sudah memenuhi syarat, pastinya pengajuan KUR Anda akan segera di setujui oleh pihak Bank.