Sebagai guru atau PNS atau kamu yang bekerja di kantor terkadang terpikir untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Keinginan itu muncul bisa karena adanya beberapa faktor, salah satunya meningkatnya kebutuhan sehari-hari, gaji dan bonus yang belum memenuhi standar goal hidup kamu atau untuk mengisi waktu luang saja.

Adanya banyak waktu luang, terutama guru PNS menimbulkan keinginan untuk mengisi waktu tersebut dengan bisnis sampingan yang menghasilkan. Namun butuh ide bisnis untuk mendapatkan suatu peluang usaha yang sekirannya cocok dijalankan dengan minim capital dan maksimum profitabilitas.

Beberapa ide bisnis di bawah ini dapat kamu jadikan referensi sebagai pertimbangan untuk memulai bisnis sampingan atau usaha tambahan khususnya bagi kamu sebagai guru atau non guru PNS yang selalu bergelut di kantor.

(Pavel Danilyuk/Pexels)

Ide bisnis sampingan yang cocok untuk guru dan PNS

1. Jasa pengetikan

Sebagai seorang guru dan pekerja kantor, tentu selalu akrab dengan benda yang satu ini, laptop / komputer. kamu dapat memanfaatkan laptop atau komputer kamu untuk dijadikan sebagai perangkat yang menghasilkan uang dengan membuka usaha jasa pengetikan.

Kamu dapat memanfaatkan teman–teman kamu terlebih dahulu, dimana mereka tidak sempat mengetik sendiri atau bahkan mereka yang berusia lanjut dimana tidak memiliki ketrampilan dalam mengoperasikan komputer. Ini merupakan peluang usaha yang masuk akal dan tentunya relevan dan dekat dengan pekerjaan pokok kamu sebagai PNS di kantor.

2. Jual beli tas

Kenapa jual beli tas? Di lingkungan kerja mereka selalu memakai tas sebagai alat untuk menyimpan perlengkapan kantor. Jangka waktu tertentu tas tersebut pasti akan rusak atau teman PNS di kantor kamu akan menggantinya. Ini menjadi peluang bagi kamu sekalian untuk menawarkan tas berkualitas, tentunya dengan harga yang tidak bikin kaget teman kerja kamu. Kualitas barang dan harga yang bersahabat akan menjadi salah satu modal dasar untuk suksesnya bisnis sampingan kamu.

3. Bisnis berdasarkan hobi masing — masing

Bisnis sampingan berdasarkan hobi tentunya sangat mengasyikkan. Selain mendapatkan hiburan dan kepuasan batin, kita juga akan mendapatkan penghasilan dari bisnis hobi kita. Untuk masalah hobi tentunya berbeda — beda. kamu yang memiliki kesukaan terhadap ikan hias dapat memilihara ikan hias serta mengembangbiakkannya sebagi peluang usaha sampingan kamu selain bekerja sebagai PNS.

Beberapa usaha / bisnis sampingan berdasarkan hobi dengan tidak terlalu menguras waktu diantaranya :

  • Memelihara dan mengembangkan ikan hias
  • Memelihara atau budidaya tanaman hias, bonsai, hingga tanaman berbunga
  • Memelihara atau budidaya jangkrik untuk pakan ternak
  • Memelihara atau budidaya kroto
  • Menjual jasa desain grafis jika kamu punya keterampilannya
  • Dll.

4. Bisnis air minum isi ulang

Air adalah kebutuhan dasar bagi banyak orang. Terkadang mereka menginginkan cara yang praktis untuk mengkonsumsi air mineral. kamu dapat membuka depot air minum isi ulang. Memang sudah banyak air kemasan yang dijual di toko–toko kelontong. Namun bisnis air minum isi ulang masih terbuka lebar. Harga yang murah dengan kualitas dan kebersihan air menjadi modal untuk suksesnya binis sampingan ini. kamu yang tinggal di kota besar dan kota kecil dapat mencoba bisnis ini. Lakukan survey dahulu untuk mengetahui kondisi di lingkungan kamu. Tidak harus kamu yang menunggu depot air minum isi ulang seharian. kamu dapat membagi waktu dengan karyawan kamu. Hal ini tentunya akan menghemat pengeluaran biaya operasional kamu juga.

5. Bisnis pulsa

Pulsa merupakan kebutuhan yang selalu harus ada selain kebutuhan pokok lainnya sekarang ini. Era informasi yang menuntut selalu cepat dalam mengabarkan berita membuat keberadaan handphone dengan pulsa menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi. Apalagi pegawai kantor dan PNS yang selalu membawa gadget mereka. Selain untuk keperluan telephone, fitur untuk internet banyak digunakan oleh mereka yang memiliki smartphone. Ini adalah peluang usaha sampingan yang menjanjikan. Disamping kita tidak perlu membawa apapun, cukup dengan hp milik kita saja sebagai modal dan deposit pulsa sebagai modal kedua. Hal yang terpenting adalah memanajemen keuangan, karena biasanya jika yang membeli teman sendiri, mereka kebanyakan juga sering melakukan hutang pulsa. Jadi kamu harus siap dengan perilaku seperti ini dengan rajin mencatat pembelian pulsa dari teman — teman PNS kamu di kantor.

Nah itulah beberapa peluang bisnis sampingan PNS yang praktis, tidak terlalu “mencuri” banyak waktu kamu. Untuk karyawan juga sebaiknya menyesuaikan dengan kebutuhan usaha atau bisnis sampingan masing–masing. Semoga menginspirasi dan menambah ide bagi kamu. Jangan lupa follow website Ribrick dan juga media sosial kami di Instagram serta LinkedIn untuk informasi terbaru bisnis dan teknologi.