Seperti yang kita ketahui, game atau permainan adalah sebuah aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang-senang dan refreshing. Game dapat dikategorikan menjadi 2 bagian ada game offline dan ada game online, game online bisa dimainkan 2 atau lebih orang untuk memainkan game secara online artinya secara umum menunjukkan konektivitas.

Kebanyakan di Indonesia terdapat para publisher game diantaranya adalah Garena, Gemscool, Lyto, Megaxus, dan lain-lain. Jarang sekali kita semua menemukan para developer game yang berasal dari Indonesia, walau banyak developer game indonesia tetapi rata-rata gamenya tidak terlalu kenal ya, jadi patut dimaklumi kalau saya bilang sih maaf orang indonesia itu tidak kreatif.

Penyedia games online adalah penyedia layanan server game yang secara umum memerlukan konektivitas untuk online. Tanpa server game mereka para pemain game tidak akan bisa untuk memainkan game tersebut karena tidak terdapat server untuk dimainkan. Para penyedia layanan games online juga harus membei server game sendiri yang harganya terbilang cukup mahal. Untuk harganya mungkin dapat saya bahas lagi nanti.

Oke berikut ini adalah tempat layanan penyedia Games Online yang ada di Indonesia. Simak selengkapnya ya sobat.

portal games indonesia
(Fox/Pexels)

Garena

Garena merupakan sebuah perusahaan yang pertama kali diluncurkan dan dipusatkan di singapura juga didirikan pada tahun 2009, negara kecil dengan budaya yang kaya raya. Garena juga merupakan singkatan dari Global Arena, sejak pendiriannya, Garena telah berkembang pesat dan tumbuh menjadi sebuah penyedia platform yang terkemuka untuk hiburan dan komunikasi online di seluruh penjuru asia tenggara, Taiwan, dan Hong Kong, yang melayani jutaan pengguna.

Di tahun 2010, Garena meluncurkan produk pertamanya yaitu Garena+, sebuah platform atau portal game online dan sosial di mana penggunanya dapat bertemu, berkomunikasi, dan bermain game bersama.

Gemscool

Gemscool adalah perusahaan portal game online ternama di Indonesia yang berpusat di Jakarta. Game yang sudah dipublikasikan oleh Gemscool Kreon rata-rata developernya berasal dari Korea. Namun biar begitu gamenya tetap seru dan asik untuk dimainkan. Game yang pertama kali dipublikasikan dan dirilis perdana oleh gemscool adalah game Point Blank, sebuah game fps dengan grafik yang keren. Game ini dipublikasikan oleh Gemscool Kreon dan dirilis perdana pada tahun 2009 namun perilisan itu sudah berbeda kini game point blank berpindah pihak ke Garena.

LYTO

LYTO Merupakan portal game indonesia yang sudah beroperasi semenjak tahun 2003. Game yang sudah dipublikasikan kini sudah menjadi terkenal termasuk di antaranya adalah game crossfire dan Ragnarok Online. Semenjak pendiriannya, kini LYTO sudah mempunyai jutaan pengguna di seluruh Indonesia.

Megaxus

Megaxus adalah sebuah perusahaan publisher game di Indonesia. Setelah didirikan pada tahun 2006, Megaxus dengan cepat diakui sebagai publisher game online terkemuka di Indonesia. Megaxus dikenal oleh komunitas dan penggemar game online di Indonesia sebagai publisher yang menyajikan konsep “lifestyle entertainment” yang juga mencakup produk dan pelayanan yang terbaik dan terinovatif bagi para pencinta game online di Indonesia.

Game karya megaxus seperti ayodance dan Counter Strike: Online mampu menarik simpatisan minat masyarakat untuk memainkan game tersebut.

Mobius

Mobius Indonesia adalah perusahaan penyedia hiburan digital didirikan pada bulan April 2010.

PT. Mobius Indonesia sebagai nama pembentukan hukum. Kantor utama perusahaan mobius terletak di Jl. Terusan Bandengan Utara I No 15, Jakarta 14450, Indonesia.

Pekerja perusahaan ini terdiri dari orang-orang profesional yang memiliki gairah dalam permainan dan seni dari latar belakang pendidikan yang berbeda. Dan bersama-sama dari awal, kami telah menetapkan tujuan kita, yang menjadi penerbit konten terbaik di Indonesia dengan menyajikan kualitas terbaik dari online dan konten digital serta pelayanan terbaik kepada pelanggan internasional kami.

Kami berafiliasi dengan banyak mitra dalam bisnis yang berbeda di seluruh dunia dengan prinsip mutualisme, dan kami membangun semua itu dengan hanya satu tujuan yaitu untuk menyediakan semua pelanggan kami dengan cara terbaik untuk menikmati kegembiraannya.

OrangeGame

OrangeGame merupakan perusahaan game online yang dapat dimainkan tanpa mendownload game tersebut. OrangeGame juga bisa dikatakan publisher game berbasis web browser. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2010.

Prodigy Infinitech

Transliterasi Inggris — Prodigy Infinitech was founded in April 2009, with a passion to publish the best of games with high quality standards.

Visi

Our vision is to unite the dispersed Indonesian community through online gaming and creating a lifestyle based on interactive entertainment with pure joy and fun. We dedicate ourselves to these thoughts, and in doing so, we hope to bring inspiration into the Internet industry in Indonesia.

Misi

Our mission is to publish localised versions of high-end game titles from all around the world and introduce them to the ever-growing Indonesian gaming society. We aim to be the best professional game publisher, in means of operating environment stability and marketing strategies.

We hope to bring our passion to our consumers with high quality gaming experiences with a twist of fun, entertainment, and joy.

Nah itu dia sobat Ribrick tentang publisher-publisher terbaik yang ada di Indonesia. Tapi rasanya sekarang permainan melalui PC lebh jarang diminati ya? Kayaknya memang game di smartphone itu lagi booming banget guys. Gimana tanggapan kamu?