Kita seringkali melupakan dua fundamental utama yang saat ini sedang tren di dunia internet, yakni Search Engine Marketing (SEM) dan Search Engine Optimization (SEO). Dari sekian banyak website perusahaan dan bisnis yang min Ribrick lihat, kebanyakan dari mereka tidak memfokuskan kepada channel SEO dan SEM, malah seperti diabaikan begitu saja. Padahal, besar kemungkinan adanya peningkatan penjualan dan peningkatan brand awareness melalui Search Engine Marketing atau pemasaran mesin pencari.

SEO dan SEM
(Caio/Pexels)

Sebelum membahas lebih lanjut mengapa sebuah brand membutuhkan SEO dan SEM, maka min Ribrick ingin menjelaskan terlebih dahulu apa itu SEO dan SEM lebih lanjut. Dua pilar fundamental ini memang tidak bisa dipisahkan, namun makna dan definisi dari keduanya jelas berbeda.

Pertama, perbedaan di antara keduanya adalah SEO lebih membahas kepada poin-poin internal atau backend mengenai suatu website agar bagiamana caranya website tersebut dapat melesat rankingnya di mesin pencari ternama seperti Google dan Bing. Lalu, perbedaannya dengan SEM lebih memfokuskan pada bagaimana caranya meningkatkan reach, konversi, dan brand awareness melalui strategi omnichannel seperti Google Ads (paid campaign), Offpage SEO, dan lain sebagainya.

Dalam skala kepentingan, tentu jauh lebih penting SEM bagi sebuah bisnis atau perusahaan yang fokusinya adalah meningkatkan nama mereka dan menananamkan in-depth marketing untuk meningkatkan trust di mata konsumen ataupun calon buyer dari brand tersebut. Setelah itu barulah brand yang ingin menggaet pasar baru dapat mengoptimalisasikan konten-konten dan juga website melalui SEO.

Keuntungan dalam mengoptimalkan SEO untuk sebuah brand adalah dapat mengenalkan produk atau jasa ke masyarakat luas dikarenakan mesin pencari tidak terbatas pada daerah regional bahkan bisa sampai ke telinga orang-orang luar negeri alias go international. Lalu keuntungan lainnya yang terkait SEO dan SEM itu sangat banyak sekali, terutama meningkatkan visibilitas brand atau brand awareness, memunculkan calon pembeli baru melalui eksposur di mesin pencari seperti Google.

Selain daripada itu keuntungan lainnya tentu akan sangat dirasakan ketika sebuah brand sudah menyiapkan strategi planning tentang bagaimana caranya mereka mengeksekusi arus SEO dan SEM untuk meningkatkan profitability dan operasional perusahaan. Ini adalah zaman dinamis yang menuntut kita untuk selalu bergerak cepat, apabila perusahaan tidak ingin beradaptasi dengan perkembangan zaman maka lambat laun perusahaan tersebut akan tumbang juga seperti Nokia sebagai contoh konkretnya.

Misalnya saja sebuah perusahaan teknologi yang menyediakan layanan hosting, tentu saja mereka akan sangat getol dan fokus sekali terhadap SEO website perusahaan, dan tidak lupa juga untuk selalu mengoptimalkan iklan agar tercapai goals dan objektif yang diinginkan. Kamu mungkin pernah lihat satu atau dua artikel mengenai pembuatan website, tips-tips desain website, dan lainnya yang berasal dari sebuah website perusahaan hosting kan? Itulah proses bisnis perusahaan hosting yang melibatkan SEO dan SEM sebagai pilar utama dalam mencari konsumen.

Nah, dari sini mungkin kamu bertanya-tanya, basis SEO itu sebenarnya apa saja sih? SEO itu memang merupakan topik yang sangat luas dan sistem yang sangat kompleks. Alasan satu-satunya pengoptimalan SEO wajib dilakukan adalah algoritma mesin pencari seperti Google dan Bing yang terus berubah mengikuti perkembangan zaman. Bahkan ketika kamu melakukan optimasi SEO di bulan ini dan berhasil meningkatkan trafik melalui konten yang berada di halaman pertama mesin pencari, belum tentu bulan-bulan selanjutnya konten kamu akan mendapatkan trafik yang tinggi juga. Oleh karena itu proses optimasi SEO harus berjalan secara kontinu dan berkesinambungan untuk operasional bisnis.

Basisnya SEO adalah Technical SEO yang meliputi membenahi schema structure dari suatu website dan mengikuti guidelines atau arahan dari multi-platform mesin pencari. Schema structure penting dikarenakan dia dapat memberitahu kepada mesin pencari bahwa “oh ternyata website ini adalah website company profile dengan beberapa konten untuk showcase produk,” kurang lebih seperti itu. Jadi, mesin pencari tidak kebingungan dalam mengindeks situs kamu di halaman pertama mereka untuk kata kunci brand kamu. Selain dari itu SEO Technical juga termasuk dalam analisis situs dilihat dari parameter skor SEO, dan laporan-laporan lainnya.

Kemudian ada lagi yaitu SEO Onpage & Offpage, biasanya kebanyakan orang hanya fokus pada SEO Onpage saja dan melupakan adik kembarannya yaitu SEO Offpage. SEO Offpage sendiri sangatlah penting dikarenan untuk meningkatkan otoritas domain di mesin pencari, Google dan Bing perlu mengetahui mana saja tautan ke situs langsung bisnis kamu dan bagaimana hal tersebut menjadi relevan dengan situs kamu.

Nah, seperti itulah pentingnya dalam mengugnakan SEO dan SEM untuk perkembangan bisnis, usaha, perusahaan melalui infrastruktur digital seperti website. Bagi kamu yang ingin menggunakan jasa SEO, pembuatan website company profile, pembuatan aplikasi, dan software laninya dapat menghubungi saya melalui elang@ribrick.id atau teman saya sarfina@ribrick.id dan no. telp 0878-7163-8910, kami akan presentasikan studi kasus terbaru dan bagaimana proses bisnis kami di PT Ribrick Teknologi Utama dapat membantu usaha kamu berkembang.