Di zaman yang serba digital ini tentu saja sebagai seorang digital marketer kamu harus mengetahui ragam istilah yang ada di jagad internet. Salah satu istilah yang paling fenomenal dan populer adalah SEO. Apa itu SEO? Dan bagaimana cara SEO bekerja pada industri teknologi dan informasi di era digital sekarang ini?

Kita semua pada dasarnya telah mengetahui raksasa teknologi Alphabet Inc. yang saat ini mempunyai anak perusahaan Google beserta produk-produknya. Google menawarkan layanan search engine atau mesin pencari bagi siapa saja untuk menemukan informasi melalui internet secara gratis.

Namun, biasanya dalam kamu mencari tersebut terdapat website-website pilihan hingga ribuan website berada dalam seluruh crawl mesin pencari, dan hanya pilihan teratas (page one Google) atau halaman pertama Google-lah yang pastinya kamu pilih. Jujur saja, pada saat kamu mencari informasi di Google, pasti website yang muncul teratas yang akan kamu klik kan dan baca lebih lanjut? Tentu saja, hal ini juga ada kaitannya dengan SEO.

SEO Services
(FreeBoilerGrants/Pexels)

Dengan adanya kehadiran teknologi yang semakin canggih dan termutakhir, banyak orang mulai melakukan digitalisasi terhadap produk-produk dan juga jasa-jasanya. Orang-orang dan juga perusahaan-perusahaan mulai menggunakan teknologi internet untuk keperluan mereka, salah satunya adalah dengan membuat website. Website ini sendiri merupakan kumpulan baris data yang berisikan halaman situs mengarah pada satu domain atau subdomain sama, kamu bisa mengenalinya dari ekstensi .com, .net, .id, dan masih banyak lagi. Seperti Ribrick Tech yang saat ini menggunakan ribrick.id.

Tentu saja, selain karena peluang pasar yang tinggi dalam ranah bisnis di internet. Kamu bisa saja mendapatkan ribuan trafik dan dapat mengkonversikan trafik tersebut ke dalam sales. Tetapi, proses dalam mencari trafik inilah yang memerlukan seperangkat alat dan juga optimalisasi mesin pencari (SEO), jadi kamu perliu memahami betul langkah-langkah pemasaran digital mulai dari membuat konten, copywriting yang baik, produksi konten di media sosial, dan masih banyak lagi.

Apa itu SEO?

SEO atau Search Engine Optimization (Optimisasi Mesin Pencari) merupakan suatu ekosistem pengoptimalan meisn pencari demi memaksimalkan User Experience (UX) ketika menjelajah di dunia internet. Hanya website dengan konten terpilih yang nantinya akan muncul pada halaman pertama mesin pencari seperti Google dan Bing. Tentu saja, dengan banyaknya kompetisi orang-orang berlomba dalam mendapatkan trafik, jadi proses untuk masuk ke halaman pertama sangatlah selektif, tidak semua konten sembarangan bisa nangkring di ranking pertama mesin pencari.

Nah, sebenarnya ada cheat code atau trik agar kamu bisa terus eksis di halaman pertama Google. Yang paling penting adalah bagaimana cara kamu memaksimalkan potensi SEO di website kamu. Hal ini bisa berupa membenahi konten yang dinilai tidak layak untuk pembaca. Kemudian melakukan penyaringan terhadap komentar-komentar yang masuk dan juga backlink yang masuk ke situs kamu. Dan sebetulnya masih banyak lagi variabel-variabel lainnya yang berpengaruh, nanti min Ribrick akan jelaskan lebih lanjut di artikel selanjutnya.

Mengapa SEO itu Penting?

Mari kita gunakan analisis logika, ibarat kata kamu sedang membuka usaha bisnis makanan dan minuman nih ya. Tapi, lokasi gerai usaha makanan dan minuman kamu itu terletak sangat jauh dari pusat ekonomi perkotaan, sehingga agak sulit mendapatkan trafik atau konsumen yang datang. Dari sinilah peran optimalisasi toko dibutuhkan, sama halnya dengan SEO, kamu tentunya harus mengeksekusi beberapa strategi mutakhir untuk mendatangkan pengunjung seperti misalnya dengan melakukan promosi di media sosial, memancing pembeli menggunakan diskon, dan menyebarkan pamflet atau brosur di jalan raya.

Sangat mirip sekali studi kasusnya dengan melakukan pengoptimalan mesin pencari, kamu tentu akan mendapatkan lebih banyak trafik. Trik-trik meningkatkan SEO juga perlu diperhatikan, berbeda apabila kamu mempunyai bisnis gerai makanan, kamu hanya akan bersaing oleh tempat-tempat di daerah kamu. Tetapi kalau urusan mesin pencari, bahkan orang-orang dari seluruh dunia pun dapat berkumpul bersama dan berkompetisi merebutkan posisi pertama di mesin pencari seperti Google dan Bing.

Bagaimana Cara SEO Bekerja?

Algoritma mesin pencari yang min Ribrick contohkan adalah Google di sini sangat perhatian terhadap orang-orang yang menggunakan layanan mereka untuk mencari informasi melalui Google Search Engine. Oleh karena itu, Google sangat ingin apabila websitenya terus digunakan oleh pengguna dalam mencari informasi. Bahkan, sekarang ini saja, orang-orang selalu bilang “kalau ga tahu, cari di mbah Google aja”. Suatu pepatah yang menarik bukan? Itulah tingkat kepercayaan orang-orang dalam mencari informasi di Google.

Google bersama dengan algoritma mesin pencarinya terus beurpaya meningkatkan kualitas layanan untuk memberikan pengalaman bagi pengguna yang lebih menyenangkan. Oleh karena itulah, Google sangat selektif terhadap konten-konten apa yang akan ditampilkan di halaman pertama. Berbekali Internet of Things (IoT) dan pemahaman mesin untuk bisa belajar secara mandiri (machine learning), algoritma bisa terus berubah, dan posisi konten-konten yang ada di halaman utama mesin pencari pun ikut berubah. Tidak selamanya konten dari website-website papan atas di Google dapat bertahan, bisa jadi website baru menetas alias rilis, dan baru saja membuat konten yang baik bisa menggeser seluruh kompetitornya di halaman pertama meisn pencari.

Optimalisasi SEO dan Kategorisasi

SEO atau Search Engine Optimization terdapat dua kategori. Yang pertama adlaah SEO Onpage dan yang kedua SEO Offpage. Rata-rata memang dalam ranah ekosistem SEO ini lebih kepada keahlian atau skill dalam membuat konten yang ‘manusiawi’ dan juga bagaimana caranya agar mendapatkan outbound link dari website terkenal untuk saling meningkatkan otoritas konten.

SEO Onpage lebih mengarah pada pembuatan konten yang baik. Secara singkatnya min Ribrick dapat jelaskan bahwa untuk membuat konten yang baik dalam rangka meningkatkan performa SEO Onpage, kamu harus membuat konten minimal 600 kata, konten yang manusiawi dan bukan ditulis untuk robot (baca: terlalu monoton), dan juga inbound link ke halaman konten lainnya yang ada di website kamu. Nanti min Ribrick akan jelaskan lebih detail mengenai SEO Onpage dan SEO Offpage ini.

Untuk SEO Offpage itu sendiri sesuai dengan namanya merupakan optimalisasi yang didasari oleh variabel-variabel eksternal seperti backlinksocial media share, dan masih banyak lagi.

Jasa SEO Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

PT Ribrick Teknologi Utama (Ribrick Tech) menyediakan jasa media agency full service untuk meningkatkan performa baik dari segi visibilitas maupun penjualan untuk perusahaan kamu dapat berkembang. Hubungi sarfina@ribrick.id untuk mengenal lebih lanjut.