Sah-sah saja apabila kita mengikuti kebiasaan yang dilakukan orang sukses. Dengan mengikuti dan mengkonsolidasi apa yang mereka perbuat, diharapkan kesuksesan juga akan menghampiri kita. Tak jarang cara ini terbukti efektif meski awalnya terasa aneh. Seperti misalnya, min Ribrick selalu teringat perkataan Warren Buffett tentang membaca buku sehari sekali adalah kewajiban, ternyata efeknya begitu drastis, kapabilitas dan keterampilan sebagaimana dikatakan Warren Buffett ikut meningkat gara-gara baca buku!

(Pixabay/Pexels)

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas kebiasaan lain dari orang-orang sukses, seperti misalnya cara orang sukses istirahat atau tidur. Orang sukses cenderung memiliki waktu istirahat yang minim karena kesibukannya dalam bekerja. Meski begitu mereka akan memanfaatkan waktu yang ada untuk beristirahat sebaik mungkin.

Nah, 8 orang sukses berikut ini ternyata memiliki kebiasaan tidur yang aneh lho. Kamu bisa menirunya apabila kamu memang menikmatinya. Siapa tahu kesuksesan yang sama akan menghampirimu.

1. Winston Churchill

Perdana Menteri Winston Churchill selalu minum wiski ringan dan soda pada sore hari. Setelah menghabiskan wiskinya, ia akan tidur selama dua jam. Tidur singkatnya ini menurut Winston dapat memulihkan tenaga yang terkuras karena padatnya pekerjaan.

2. Mariah Carey

Sebelum konser, Mariah Carey harus tidur selama 15 jam supaya tenaga dan suaranya bisa maksimal ketika di atas panggung. Tak hanya itu, panitia pelaksana harus menyiapkan 20 pelembab untuk meredakan tenggorokannya agar tidak kering.

3. Charles Dickens

Penulis terkenal ini diketahui memiliki penyakit insomnia. Selain itu, Charles Dickens selalu membawa kompas saat akan tidur. Untuk apa ? Ternyata Charles mengaku bahwa ia hanya tidur menghadap ke utara saja. Dan kompas tadi akan membantunya mengetahui arah utara. Alasannya karena tidur menghadap utara dapat meningkatkan kreatifitas.

4. Marissa Mayer

Marissa Mayer merupakan CEO situs terkenal Yahoo. Ia termasuk manusia yang gila bekerja. Dalam seminggu, Marissa dapat bekerja hingga 130 jam. Kebiasaannya ini membuat waktu istirahat Marissa jadi berantakan. Untuk mengakalinya, ia akan meminta liburan panjang tiap empat bulan sekali untuk mengisi tenaganya yang terkuras akibat gila kerja.

5. Emily Bronte

Pada abad ke-19, nama Emily Bronte begitu terkenal berkat karya novelnya. Sayangnya, Emily menderita insomnia yang membuat waktu istirahatnya terganggu. Setiap hari Emily akan mengelilingi meja makan sampai ia merasa lelah dan tertidur.

6. Tom Cruise

Siapa yang menyangka kalau artis terkenal seperti Tom Cruise memiliki kebiasaan mengorok. Parahnya lagi, ketika mengorok suaranya sangat keras yang membuat orang lain pasti terganggu. Menyadari kebiasaan buruknya tersebut, Cruise membuat sebuah kamar di belakang rumahnya yang kedap suara. Kamar ini diberi nama snoratorium dan Cruise bisa mengorok sekeras apapun yang ia mau disini.

7. Arianna Huffington

Pada tahun 2007, Arianna Huffington sempat pingsan karena kelelahan. Setelahnya ia menyadari tentang pentingnya waktu istirahat. Akhirnya ia mengubah kamarnya menjadi ruangan paling nyaman di rumahnya.

Sebelum tidur, Arianna terlebih dahulu berendam dengan air hangat yang diisi garam Epsom dan minyak lavender. Kemudian ia mematikan semua gadgetnya dan membaca buku puisi atau filosofi sampai tertidur.

8. Martha Stewart

Bekerja dengan giat memang disarankan. Namun ada kalanya kita harus beristirahat untuk memulihkan tenaga. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi Martha Stewart. Wanita ini selalu bangun pagi-pagi buta untuk membuat sarapan hewan peliharaannya. Ia juga datang ke kantor bahkan sebelum krunya datang.

Selesai bekerja hingga larut malam, Martha tidak langsung tidur. Ia akan menyempatkan diri untuk melihat acara TV kesukaannya hingga tidur begitu saja. Menurut Martha, ia tidak tidur lebih dari 4 jam setiap hari.

Kesimpulan

Sebenarnya, sudah banyak studi yang membuktikan bahwa kekurangan tidur akan berdampak fatal pada performa secara keseluruhan. Mengejar harta bukan satu-satunya pilihan hidup sob, kamu juga harus pentingkan kesehatan juga. Jujur aja, min Ribrick tidak pernah mengikuti saran dari orang-orang sukses ini yang tidurnya di bawah 6 jam sehari. Selain karena merusak otak, menurunkan sistem imun, dan mudah lelah, kurang tidur juga sangat berdampak besar pada kesehatan jangka panjang (Medic, Goran. 2017).