Berbicara mengenai pemimpin memang yang ada di benak pikiran banyak orang itu pasti dia adalah orang yang sangat penting, pemarah, bos eksekutif, tokoh papan atas, atas segalanya — ehe. Bukan kok! Tidak semua pemimpin itu adalah orang yang sikapnya selalu serius, pemarah, dan bahkan tidak bisa bercanda. Pemimpin itu secara singkatnya adalah definisi dari orang yang memberikan arahan kepada orang lain. Dan bahkan selama perjalanan hidup kamu, min Ribrick yakin kok suatu saat nanti kamu akan jadi pemimpin, entah itu pemimpin arisan IRT alias Ibu Rumah Tangga, pemimpin kepala keluarga, pemimpin badan organisasi, pemimpin eksekutif bos besar, dan masih banyak lagi. Dan tiap pemimpin punya gaya kepemimpinannya tersendiri.

gaya kepemimpinan
(Fauxels/Pexels)

Pemimpin merupakan seorang yang dapat mempengaruhi orang lain dari caranya dia bekerjasama atau berkoordinasi dengan orang-orang sekitar demi mencapai tujuan bersama tanpa mementingkan dirinya sendiri terlebih dahulu. Pemimpin berasal dari kata “leader” sedangkan kepemimpinan berasal dari kata “leadership” artinya segala sesuatu yang dapat kita contoh ataupun serap dari seorang pemimpin yang baik, bijak, dan tidak egois.

Tiap-tiap pemimpin pasti memiliki karakteristik yang unik dan tidak bisa dimiliki orang lain, pemimpin pasti punya gaya kepemimpinannya tersendiri yang bahkan sampai dijadikan inspirasi bagi calon leader maupun karyawan atau anggota bawahannya. Selain itu juga, kapasitas kepemimpinan bisa beragam, ada orang yang memang ditugaskan memimpin dan memberikan direksi pada ribuan anggota atau kolega kerjanya, dalam hal ini dia bisa saja menjabati posisi Direktur Utama. Ada pula orang yang diberikan amanat untuk memimpin regional dengan tim yang kecil berjumlah 3–5 orang. Semua itu sangat tergantung ya sob, bahkan kamu nih para laki-laki pun nantinya akan menjadi pemimpin untuk anak dan istrimu kelak, dan karakteristik kepemimpinan yang min Ribrick tulis harus kamu pelajari dengan baik ya!

Para pemimpin memiliki sifat yang berbeda dalam memimpin suatu institusi atau lembaganya, nah dari situlah terbagi 5 tipe pemimpin yang wajib kamu ketahui. Apa sajakah itu? Ini dia 5 Tipe Pemimpin!

5 Tipe Pemimpin (Otokratis, Militeristis, Paternalistik, Kharismatik, dan Demokratis)

1. Pemimpin yang Otokratis

Tipe pemimpin ini menganggap bahwa pemimpin adalah merupakan suatu hak.

Ciri-ciri pemimpin tipe otokratis adalah sebagai berikut:

  • Menganggap bahwa organisasi adalah milik pribadi
  • Mengidentikkan tujuan pribadi dengan tujuan organisasi
  • Menganggap bawahan adalah semata-mata sebagai alat organisasi saja.
  • Tidak mau menerima kritik, saran, ataupun masukan dari orang lain karena pemimpin seperti ini menganggap bahwa dirinyalah yang paling benar.
  • Selalu bergantung pada kekuasaan formal.

Tipe Pemimpin yang seperti ini bukanlah pemimpin yang ideal.

2. Pemimpin yang Militeristis

Pemimpin yang gaya memimpinnya sama seperti militer, terpaku pada pangkat dan jabatan dan juga menetapkan perintah sebagai tujuan utama yang harus diselesaikan terlebih dahulu oleh bawahan.

Ciri-ciri pemimpin tipe militeristis adalah sebagai berikut:

  • Dalam menggerakkan bawahan untuk perintah yang telah ditetapkan, perintah mencapai tujuan dijadikan atau digunakan sebagai alat utama.
  • Dalam menggerakkan bawahan sangat suka menggunakan pangkat dan jabatannya.
  • Senang terhadap formalitas yang berlebihan.
  • Menuntut disiplin yang tinggi kepatuhan mutlak dari bawahan.
  • Tidak mau menerima kritik dari bawahan.
  • Menggemari upacara-upacara untuk berbagai keadaan.

Tipe Pemimpin seperti ini bukanlah pemimpin yang ideal.

3. Pemimpin yang Paternalistik

Tipe pemimpin seperti ini memiliki sifat kebapakan, tipe pemimpin seperti ini menganggap bahwa bawahan tidak dapat melakukan aktivitasnya secara mandiri dan diperlukan dorongan. Pemimpin ini selalu melindungi bawahannya.

Ciri-ciri pemimpin tipe Paternalistik adalah sebagai berikut:

  • Pemimpin pasti tegas dalam mengambil sebuah keputusan.
  • Akibat dari terlalu dikecam oleh pemimpin, maka bawahan kurang inisiatif.
  • Bersikap terlalu melindungi bawahan sehingga bawahan merasa aman.

4. Pemimpin yang Kharismatik

Karisma berasal dari bahasa yunani yang berarti “anugrah.” Biasanya pemimpin kharismatik merupakan pemimpin yang memang sudah dianugerahi atau diberikan amanat langsung untuk menjadi pemimpin karena dianggap memiliki daya tarik dan membuat orang orang lain percaya akan omongan dia.

Ciri-ciri pemimpin tipe Kharismatik adalah sebagai berikut:

  • Mempunyai visi dan misi yang kuat
  • Berteguh pada pendirian sampai kapanpun selama berada di jalan yang benar.
  • Mampu untuk menggerakkan anggota tim dan memberinya motivasi ataupun inspirasi sebagai pemimpin yang bijak dalam memimpin.
  • Memberikan arahan sesuai dengan keinginannya karena lebih cenderung pemimpin kharismatik adalah yang idealis.

5. Pemimpin yang Demokratis

Pemimpin demokratis adalah pemimpin yang sangat baik karena mempunyai sebuah itikad untuk menemui anggota-anggotanya dan ikut berbaur atau bersosialisasi bersama, pemimpin yang seperti ini tidak peduli dengan status sosial mereka sebagai pemimpin, karena sejatinya pemimpin yang demokratis ini lebih memikirkan kepentingan orang lain dibandingkan dirinya sendiri. Selain daripada itu, kepemimpinan yang demokratis juga akan baik karena ditunjang dengan penerimaan semua pendapat atau bersifat terbuka.

Ciri-ciri pemimpin tipe demokratis adalah sebagai berikut:

  • Hubungan antara pemimpin dengan bawahan tidak kaku, melainkan harmonis
  • Menghargai semua pendapat bawahan dan menerima segala kritikan serta saran.
  • Bawahan akan bersemangat karena pemimpinnya mau menghargai dan memperhatikan.
  • Selalu beritikad baik pada bawahan.