4 Cara memulai usaha online tanpa modal – Jika kamu ingin memulai usaha, saat ini usaha onlinelah yang paling menjanjikan dan bisa memberikan banyak keuntungan. Usaha online bisa jadi alternative utama kamu karena sekarang masyarakat sudah melek teknologi. Dan aktivitas jual beli yang awalnya dilakukan secara konvensional, sekarang beralih ke metode jual beli online melalui marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee.

Usaha online juga minim modal dibandingkan usaha konvensional. Ada banyak penghematan yang bisa kamu lakukan dengan usaha secara online, seperti biaya sewa tempat, biaya listrik, air, dan biaya-biaya lainnya. Bahkan, kamu bisa menjalankan usaha online tanpa modal! Bagi kamu pemain baru di dunia usaha online, tentunya usaha tanpa modal sangat menggiurkan.

Ingin tahu caranya? Simak informasi ampuh cara memulai usaha online tanpa modal berikut ini.

  1. Menjadi dropshipper

Cara memulai usaha online tanpa modal yang pertama. Dalam dunia usaha online, kamu akan sering mendengar istilah dropshipper. Dropshipper adalah pelaku usaha yang menjual produk orang lain tanpa harus menyetok barang. Alamat dan nama pengirim  pun berdasarkan alamat dan nama dropshipper. Singkatnya, dropshipper ibarat makelar.

Menjadi dropshipper sangat cocok bagi kamu yang belum berpengalaman dalam berbisnis. Sebab, resiko terjadinya kebangkrutan sangat tipis bahkan tidak ada. Bagaimana tidak, kamu tidak harus menyetok barang yang artinya kamu tidak perlu khawatir barang yang kamu jual tidak laku. kamu hanya akan mendapatkan laba dari menjual produk orang lain.

Kemudian, menjadi dropshipper juga tidak memerlukan modal alias memulai usaha dengan modal nol. kamu hanya membutuhkan kuota internet untuk bisa menjalankan usaha kamu ini. Karena kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk kulak produk di supplier yang biasanya memakan biaya yang tidak sedikit.

  1. Memanfaatkan marketplace ternama

Produk kamu tidak akan bisa laku terjual jika kamu tidak memiliki toko untuk memasarkannya. Solusinya, buatlah toko online dengan memanfaatkan marketplace yang populer seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak. Kenapa harus marketplace tersebut? karena untuk membuka toko online di marketplace tersebut biayanya gratis!

Jadi, kamu bisa berjualan kapan saja tanpa harus membayar sewa tempat. Selain itu, fitur yang tersedia juga sudah lengkap. Mulai dari fitur chatting, display produk, deskripsi produk, keranjang belanja, dan fitur-fitur penunjang lainnya. Kecuali jika kamu ingin menggunakan fitur khusus agar produk kamu semakin terlihat seperti fitur highlight. Maka kamu harus membayar biaya untuk fitur tersebut.

  1. Pemasaran di media sosial

Pasti kamu memiliki banyak akun media social. Manfaatkan media social yang kamu punya untuk memasarkan produk yang kamu jual. Media social yang sedang hits saat ini dan bisa kamu gunakan adalah Facebook dan Instagram.

Maksimalkan keduanya untuk menjaring pelanggan sebanyak-banyaknya. Lakukan promosi secara konsisten agar orang tahu barang yang kamu jual. Meskipun tidak ada pembeli, tidak ada salahnya kamu terus melakukan promosi. Karena tujuan dari promosi sangat luas.


  1. Siapkan contact person

Untuk menjalankan usaha online, kamu juga perlu mencantumkan contact person. Sebaiknya cantumkan nomor telepon kamu yang sudah terintegrasi dengan aplikasi chatting seperti Whatsapp. Sebab, saat ini masyarakat sudah banyak yang beralih dari SMS ke chatting online.

Akan lebih baik lagi jika kamu memiliki contact person lebih dari satu. Pilihlah yang banyak digunakan orang seperti Whatsapp, Telegram, BBM, dan Line. Tujuannya adalah untuk memudahkan komunikasi kamu dengan pelanggan.

Itulah 4 cara memulai usaha online tanpa modal yang bisa kamu jadikan sebagai tambahan informasi.