Kamu mahasiswa? Pengin cari duit di sela-sela waktu kosong kamu? Kali ini min Ribrick akal bagi beberapa ide bisnis yang bisa dilakukan mahasiswa tanpa harus mengorbankan waktunya sebagai mahasiswa.

(Helena Lopes/Pexels)

Yang terpenting memang rata-rata membutuhkan koneksi internet sih karena ranahnya masuk ke dalam bisnis online. Tetapi ya tenang saja soalnya setiap kampus biasanya ada WiFi gratisnya kan?

Daripada cuma buat main main doang, internetnya bisa kamu gunakan buat cari uang atau cuan lho. Berikut ini dia ide bisnis untuk mahasiswa.

1. Membuka Bisnis Pembuatan dan Penulisan Konten (Content Creator Agency)

Ini bisnis benar-benar tanpa modal bestie. Yap, yang kamu perlukan hanyalah laptop saja dan pikiran kreatif yang membara hehe. Tentu saja laptop pun sebenarnya opsional, alternatifnya kamu masih bisa menggunakan smartphone kamu. Menjadi content writer dan content creator cuannya juga cukup lumayan untuk mengisi waktu kamu sebagai mahasiswa apabila ada senggang.

Secara definisi content writer adalah seorang penulis konten yang biasanya menuliskan konten tersebut ke sebuah situs atau web. Sementar tidak jauh berbeda ada content creator, kurang lebih mirip-mirip dengan lini pekerjaan serupa seperti copywriter, intinya kamu bisa menjadi kreator konten untuk buat reels di Instagram atau video Tiktok, lalu kemudian juga bisa mengedit video untuk YouTube juga kamu punya keterampilannya. Klien pasti akan tertarik dan siap untuk membayar kamu walaupun status kamu masih mahasiswa.

Biasanya perusahaan korporasi besar dan juga UMKM itu bakal mencari alias bahasa kerennya adalah outsourcing untuk kreator konten di profil media sosial bisnis mereka seperti Facebook, Instagram, LinkedIn, Tiktok, dan masih banyak lagi. Tentu semua bisnis ada saingannya tapi kamu wajib banget mencoba, coba aja tawarkan ke relasi ataupun teman dekat kamu terlebih dahulu yang memang punya bisnis untuk bangun portfolio.

Bagaimana untuk harganya? Untuk harga content writing biasanya akan dihargai Rp 10.000 per artikel yang berjumlah 400–600 kata. Sementara itu untuk jasa lain seperti pembuatan konten media sosial dan pengeditan video bayarannya bisa lebih tinggi lagi. Ini tergantung kamu mau menerapkan model bisnis seperti apa sih, apakah mau project-based atau contract-based. Saran dari min Ribrick sih pakai contract-based aja agar bisa berkembang lebih cepat bisnis kamu, tapi tergantung waktu kamu juga sebagai mahasiswa apakah lagi masa sibuk-sibuknya atau engga.

Apalagi untuk klien dari luar negeri, bayarannya bukan main gengs, pakai Dolar AS dan bisa sampai jutaan rupiah per project yang telah diselesaikan.

Tips :

  • Supaya tidak kesulitan, Untuk tahap awal kamu bisa menulis 1 artikel dalam 1 hari dan jika sudah mulai mahir bisa lebih banyak lagi. Untuk buat kreator konten juga sama, lakukan secara bertahap dan konsisten, lalu teruslah asah skill kamu.
  • Bangun relasi dan networking sebanyak-banyaknya jika kamu ingin dapat klien potensial yang siap membayar kamu mahal. Ini juga penting buat kamu bangun portfolio supaya nantinya ketika lulus kuliah bisa langsung fokus full time di bisnis agensi digital seperti ini.

2. Game Online

Dulu itu orang-orang gak percaya kalau dari gim online bisa menghasilkan uang. Nah, sekarang perkataan mereka dapat dipatahkan nih bestie. Lihat deh, sekarang banyak banget ajang kompetisi esports yang sangat berkembang dan bergengsi. Artinya kan peminat game online di Indonesia itu banyak banget apalagi dengan kemunculan aplikasi gim moba yang saat ini sedang populer, yaitu Mobile Legends.

Bagaimana caranya?

Ada berbagai macam cara, tergantung kamu sebagai mahasiswa punya waktunya seberapa banyak dan apakah dapat membagi waktu dengan baik.

Pertama, jual “uang” dalam game untuk ditukarkan dengan uang rupiah, bisa berlaku untuk di game dota, CS:GO, dan game-game lainnya yang nilai in-game items sangat bernilai..

Kedua, jual barang in-game melalui mekanisme top-up, kamu sebagai perantara alias broker. Kamu bisa menggunakan platform seperti codashop untuk menjual diamonds Mobile Legends ataupun Free Fire. Cuannya lumayan banyak banget walaupun sebagai broker.

Ketiga, menjual jasa untuk joki alias mainin akun orang sampai ke tingkat atau level tertentu. Ini benar-benar skema bisnis yang sangat menguntungkan banget. Kenapa? Soalnya orang-orang kaya itu biasanya mereka tidak punya waktu untuk nge-game tetapi pengen akunnya itu sampai ke tahap paling atas tiap seasonnya. Ataupun, kamu juga bisa menjadi partner yang menemani dan melayani klien dalam meningkatkan rank maupun skill mereka di dalam game.

Keempat, menjual akun game. Entah itu akun pribadi kamu, atau kamu farming banyak akun untuk dijualkan. Tetapi, sebagai mahasiswa kamu pastinya bingung juga sih kalau farming akun tanpa menggunakan bot tools.

Note : Tidak semua game memperbolehkan menjual in game item/currency dengan uang real life.

Tips :

  • Kuliah juga tetep penting ya gengs, jangan sampai lupa waktu.

3. Jualan Online

Ide bisnis untuk mahasiswa lainnya adalah membuka online shop yang menjual berbagai macam kebutuhan manusia.

Khusus untuk yang satu ini, Kamu punya 2 pilihan yaitu mau pakai modal atau tanpa modal. Gimana caranya?

Kalau kamu mempunyai modal lebih kamu bisa menjadi reseller resmi dari suatu brand yang menjual produk tertentu dan kamu membeli dalam sejumlah kuantitas yang telah ditentukan dalam surat perjanjian, kemudian kamu jual kembali.

Kalau tidak punya modalnya, kamu buka dropshipping bisnis tetapi mencari vendor atau supplier yang percaya sama kamu bisa melalui surat perjanjian terikat atau hal lain. Karena sifatnya kamu tidak beli langsung ke toko tetapi supplier yang mengirimkan ke konsumen kamu. Lagi-lagi kamu seperti pihak ketiga alias perantara alias broker.

Min Ribrick punya tips untuk kamu mencari vendor atau supplier yang baik. Lumayan apalagi kamu bisa mengetahui tips mencari supplier tanpa modal.

Tips :

  • Gunakan semua sosial media untuk promosi barang kamu, terutama Instagram dan Facebook.
  • Selalu cari supplier yang murah supaya jualan kamu tidak terkesan mahal. Tapi jangan sampai murah banget sampai kamu kena tipu karena barangnya jelek.
  • Selalu utamakan kepuasan pelanggan karena untuk penjual, kepercayaan adalah modal paling utama.

4. Joki Tugas Kuliah atau Sekolah

Model bisnis seperti ini layak kamu coba untuk kamu yang menginginkan uang tambahan dari hasil menjoki tugas orang lain, jadi ibaratnya adalah kamu seorang personal assistant dari banyak murid yang ingin tugasnya kelar dengan kamu. Memang min Ribrick tidak menyarankan sih untuk bisnis ini tetapi kalau dilihat pasarnya cukup besar juga dan kamu bisa ambil kue dalam pasar tersebut agar bisa mendapatkan uang tambahan.