Pada kali ini min Ribrick ingin membahas tentang cybersecurity lebih tepatnya mengenai bagaimana caranya agar PC kamu tetap aman dari virus dan bisa berselancar di internet tanpa rasa khawatir. Keberadaan virus baik itu malware maupun ransomware di dalam komputer memang tidak dapat dihindari, virus malware datang bisa melalui beberapa faktor, seperti: file hasil unduhan di situs ilegal, iklan popunder dari advertiser yang tidak masuk akal, file disusupi virus secara sengaja oleh orang lain melalui decoder yang berbentuk aplikasi maupun .pdf, dan lain-lainnya. Pastinya dengan adanya virus ini bisa memperlambat kinerja PC atau laptop dan memunculkan berbagai macam masalah di kemudian hari, terutama buat kamu yang takut banget kamu diintai oleh mata-mata yang bisa tahu kamu membuka apa saja.

(Tima Miroshnichenko/Pexels)

Terkadang kamu tidak tahu file mana yang sudah terkena virus malware, ini memungkinkan file dapat terhapus secara otomatis oleh sistem dan tanpa sepengetahuan kamu tiba-tiba PC langsung ngelag ataupun blue screen alias mati total. Benar-benar pengalaman yang tidak menyenangkan sih kalau sampai komputer terkena virus dan kinerjanya menjadi sangat lemot bahkan keong saja bisa lebih cepat loadingnya!

Sebab itulah kamu perlu cepat-cepat membersihkan virus itu dari komputer. Tetapi kebanyakan pengguna membersihkan virus malware dengan cara melakukan instalasi ulang sistem OS (Operating System). Sebenarnya, cara ini menurut min Ribrick tidak baik jika digunakan secara terus menerus karena akan berpengaruh ke performa perangkat keras PC maupun Laptop kamu. Jika dilakukan terus menerus dapat membuat kinerja harddisk (HDD) memburuk. Selain itu data kamu juga nantinya ikut terhapus, apalagi harus membutuhkan waktu lama untuk melakukan instalasi kembali aplikasi atau perangkat lunak (Software) yang akan kamu gunakan kembali untuk produktivitas atau hal lainnya. Selain itu juga min Ribrick paham dan sadar bahwa melakukan backup data sangat merepotkan ya kan?

Jadi apa yang harus dilakukan untuk menghapus virus malware, ransomware, dan tetelan virus lainnya? Berikut ulasan min Ribrick tentang bagaimana cara menghapus, mencegah, dan melakukan konsolidasi terkait penghapusan virus yang ada pada komputer dan juga laptop.

1. Update Windows Berkala

Terkadang kamu lupa atau sengaja untuk tidak memperbarui atau update sistem Windows di PC, sehingga kemampuan proteksi PC dari virus semakin rentan. Sebab itu, kamu sebaiknya mengupdate Windows pada PC kamu agar secara otomatis mengunduh fitur proteksi terupdate.

Caranya cukup mudah, kamu hanya tinggal buka Control Panel dan cari fitur Windows Update. Kemudian kamu hanya tinggal mengklik tombol Update yang tertera di sana.

2. Gunakan Antivirus Bawaan dan Sering Update Juga

Gunakanlah Antivirus berlisensi resmi, jika belum kamu dapat mendownload berbagai macam Antivirus yang sudah tersedia di Internet. Bagi kamu yang sudah memiliki Antivirus, namun sering tak melakukan pembaharuan, makan tentu saja Antivirus ini tidak akan berfungsi secara optimal dan membuat komputer rentan terhadap virus malware.

Untuk itu sering-seringlah mengupdate Antivirus agar sistem berjalan normal. Apalagi dengan PC yang tidak dilengkapi dengan Antivirus, Itu akan sangat membahayakan sistem komputer, sebab tidak ada perlindungan yang bisa menghalau virus malware masuk.

3. Gunakan Mode Aman Menjelajah Internet (Safe Mode)

kamu dapat meniru trik saya, seperti inilah caranya: melakukan restart pada PC dan tekan tombol F8 pada keyboard dan masuk dengan Safe Mode And Networking bisa juga dijadikan solusi. Kemudian cari malwarebytes.org dan download aplikasinya, maka kamu bisa lakukan scan secara menyeluruh untuk menghilangkan virus malware. Setelah virus malware terhapus, Restart kembali komputer kamu.

Setelah kamu melakukan cara diatas, kami juga memiliki trik cara lainnya yang bisa menghapus virus malware pada PC atau laptop kamu, yaitu :

Membersihkan System Restore. Ini bisa membantu melenyapkan virus malware dan virus-virus lain yang bersembunyi di komputer kamu.

Cara terakhir yakni dengan menginstall ulang PC atau Laptop. Langkah ini ditempuh saat berbagai cara sudah ditempuh namun tidak berbuah apa-apa, tapi malah membuat kinerja komputer semakin memburuk. Maka langkah terbaik dan satu-satunya solusi adalah melakukan instal ulang. Pastika juga kamu telah membackup atau menyimpan data penting yang berada di komputer atau laptop kamu.

Hal ini untuk menghindari kerusakan sistem pada harddisk. Menghadapi berbagai virus di PC memang tidak menyenangkan. Terlebih lagi kamu sedang terburu-buru menyelesaikan pekerjaan atau tugas.

Sebab itu, pastikan untuk selalu menjaga PC dalam kondisi prima dan optimal dengan melakukan ketiga tahapan optimasi tersebut agar tidak terkena virus malware. Kemudian juga jangan lupa untuk selalu melakukan scanning atau pemindaian secara berkala. Selain itu, kalau ada flashdisk dari orang, teman, kerabat, keluarga, sebaiknya periksa dahulu menggunakan dummy checker.

Nah, min Ribrick ingin menawarkan solusi nih, barangkali perusahaan kamu atau bisnis kamu saat ini sedang diserang malware atau ransomware harus segera diatasi. Coba konsultasikan dulu deh ke min Ribrick melalui surel elang@ribrick.id atau sarfina@ribrick.id dan 0878-7163-8910 (Sarfina). Ingat konsultasi itu gratis kok. Selain itu, kalau kamu butuh jasa pembuatan website, aplikasi android dan ios, pembuatan software manajemen operasional, jasa SEO, serta jasa desain grafis dapat langsung hubungi min Ribrick ya di PT Ribrick Teknologi Utama atau melalui surel di atas.