Saat ini tentunya kamu pasti sedang bermimpi untuk membuat sebuah bisnis, tapi kendalanya hanya satu, yaitu kamu tidak memiliki modal yang cukup besar untuk menjalankannya. Tenang aja sob, min Ribrick akan bagikan 15 ide bisnis dengan modal minim atau mungkin tanpa modal sama sekali. Yuk, simak artikel ini sampai habis ya.

Bagi banyak orang dengan mindset entrepreneur dan mental yang kuat dalam menjalankan bisnis, mereka rela melakukan apa saja agar bisnis dapat berkembang, agar sebuah bisnis tersebut bisa menghasilkan kekayaan untuk pegiat usahanya. Tetapi, tidak semua orang dapat mengembangkan bisnis dengan baik. Sebagian tumbang, sebagiannya lagi bangkit, begitulah realita bisnis yang ada di kehidupan kita semua. Tidak semua orang beruntung dalam berbisnis, ada yang memang beruntung dalam perjuangan kariernya hingga mendapatkan gaji ratusan juta per bulan tetapi ketika berniat memulai bisnis, bisnisnya malah gagal padahal modal yang dikucurkan sudah cukup banyak.

Rasanya, memang faktor keberuntungan sangat berpengaruh di sini. Sebagaimana yang pernah pak Nicko Widjaja sampaikan bahwa the bare minimum of starting a startup is work hard and pray hard, the rest is magic or luck. Beliau adalah seorang Partner dalam sebuah Venture Capital BUMN yaitu BRI Ventures. Memang dalam memulai sebuah bisnis itu usaha paling minimumnya ya kita harus bekerja keras dan berdoa. Itu minimumnya lho, sisanya kamu serahkan deh pada faktor yang tidak dapat dihitung seperti keberuntungan. Memang kekuatan magis keberuntungan tiap orang itu berbeda-beda, kalau semua orang beruntung dalam berbisnis sampai punya ekuitas triliunan pastinya tidak akan ada lagi orang kelas menengah atau kelas bawah di dunia ini.

(Robert Lens/Pexels)

Orang memulai bisnis biasanya dengan tujuan atau fokus utama yaitu untuk menciptakan kebebasan finansial dan kebebasan bekerja dari mana saja. Tergantung model bisnis mana yang dia adopsi, memang kemudahan serta fleksibilitas yang ditawarkan ketika menjadi pebisnis sangatlah menarik. Berangkat dari argumentasi ini, tentu saja, tidak heran bahwa kian hari semakin banyak orang yang ingin memulai bisnis, bahkan membuat startup hingga mendapatkan pendanaan lebih dari ratusan miliar rupiah sampai ke penawaran saham publik.

Tidak ada yang mustahil, tetapi kamu harus ketahui batas juga sih. Satu quotes yang masih tertanam di kepala min Ribrick adalah begini “kalau berkembangnya bisnis terlalu cepat, pasti jatuhnya juga cepat.” Kamu bisa lihat contoh kaya model bisnis MLM, bisnis trading, bisnis lainnya yang dinilai omset sangat tidak wajar dalam satu bulan bisa puluhan miliar rupiah. Tapi jatuhnya ya cepat juga, bisa jadi dibekukan atau masalah internal.

Balik lagi pada topik awal yaitu mencari ide bisnis. Ide bisnis memang tidak mudah untuk ditemukan, tidak semua orang bisa mengadopsi model bisnis yang sama, tidak semua orang juga dapat stay di bisnis itu secara terus-menerus seumur hidupnya. Banyak sekali bidang bisnis yang sudah menjamur di Indonesia, mulai dari bisnis kecil seperti warung sembako, toko elektronik, toko alat-alat listrik, dan masih banyak lagi, hingga ke institusi atau perusahaan besar seperti perbankan, server, telekomunikasi, teknologi, dan masih banyak lagi. Dalam memulai bisnis biasanya diperlukan modal atau kapital, inilah modal utama selain dari kesiapan mental yang harus dipersiapkan oleh para pengusaha.

Namun, seperti banyak orang lainnya, termasuk min Ribrick juga, pastinya kita ingin tahu dong bisnis apa saja yang tidak memerlukan modal besar atau bahkan tanpa modal sama sekali. Rasanya kalau tanpa modal sama sekali itu agak mustahil ya, anggaplah bahwa dalam hidup ini selalu ada cost-nya, kalau kamu perhitungkan faktor tersebut, ilmu kamu juga dapat dihargai lho, waktu kamu, paket internet, listrik, dan semuanya ya bisa masuk cost modal juga. Sepertinya modal itu selalu ada dan biaya operasional juga selalu ada.

Oleh karena itulah, pada kesempatan kali ini, min Ribrick ingin merangkum 25 ide bisnis menguntungkan yang dapat kamu terapkan untuk menjalankan bisnis dengan modal minim. Ide bisnis ini bisa kamu aplikasikan segera atau dapat menjadi inspirasi kamu nantinya di masa depan, yang terpenting adalah min Ribrick akan selalu mengupdate postingan ini agar selalu relevan dengan tren dan dunia bisnis terbaru, biar kamu tetap selalu cuan dan happy gengs.

15 Ide Bisnis dengan Modal Kecil

Bagi banyak orang, alasan utama mereka tidak memulai bisnis adalah biaya modal yang terlampau besar, bahkan sampai beberapa pebisnis rela berhutang plafon tinggi akibat seriusnya ingin menjalankan bisnis dan mendapatkan profit. Untuk menghindari kamu mengeluarkan biaya yang berlebihan, berikut ini min Ribrick sampaikan 25 ide bisnis rumahan atau ide bisnis online atau ide bisnis pada umumnya dengan modal yang minim sehingga kamu dapat memulai bisnis secepatnya.

1. Media Agency dan Jasa Digital Marketing

Membuka bisnis agensi media membutuhkan modal yang sedikit, kamu hanya perlu menyiapkan koneksi internet yang stabil, mempunyai portfolio. Biasanya fokus media agency adalah jasa pembuatan konten untuk media sosial, jasa pengelolaan paid campaignpublic relationspress release, dan jasa KOL atau creative marketing. Intinya berkaitan dengan media banget sih. Kalau kamu ingin targetkan pasar saran dari min Ribrick adalah pelaku UMKM saja, kalau target kamu adalah korporasi besar atau perusahaan bonafit, kamu harus mengurus sejumlah urusan legalitas perusahaan kamu mulai dari pajak, nama PT atau CV, hingga lokasi kantor.

Oleh karena itu, saran dari min Ribrick adalah membuka jasa media agency dengan target consumer persona yaitu orang-orang pelaku kegiatan UMKM maupun influencer yang saat ini sedang berkembang pesat pangsa pasarnya. Kamu tidak perlu menyiapkan dokumen legalitas, kecuali memang jika kamu menginginkannya, itu sifatnya opsional saja sih.

Min Ribrick sendiri mempunyai teman yang seringkali mempromosikan jasa branding dan desain grafis di media sosial Instagramnya, karena seringnya terpapar promosi seperti ini, pandangan min Ribrick tentu saja ketika membutuhkan jasa tersebut pasti akan membeli langsung atau merekomendasikan ke teman mimin. Karena ya pertama dia merupakan teman, salah satu bagian koneksi min Ribrick yang juga pernah bersekolah bersama. Kedua, hasil karya desain dia bagus dibuktikan dengan banyaknya portfolio mendesain sejumlah konten untuk beberapa UMKM.

Untuk itu kalau kamu ingin membuka media agency boleh saja karena modalnya minim, yang terpenting kamu punya keterampilan, mau belajar, dan siap bekerja di bawah tekanan. Apalagi kalau harus mengurus klien yang sedikit merepotkan. Keuntungannya bisa scale up dan membuat kamu berkembang hingga dapat merekrut karyawan sendiri. Cari-cari klien sebanyak mungkin atau baca tips mencari klien dengan mudah di blog Ribrick.

2. Personal Assistant atau Asisten Virtual

Seringkali kita menemukan masalah yang ada di masyarakat adalah sulitnya mengelola tugas, mengelola waktu, dan mengelola laporan. Kamu dapat menjadi fasilitator asisten personal yang siap membantu klien dalam membuat laporan, mengatur meeting, atau hal-hal lainnya. Dengan bayaran yang cukup lumayan juga bahkan kamu bisa membuka perusahaan outsourcing asisten kamu sendiri dengan banyaknya karyawan.

Kemudahan yang ditawarkan adalah tidak banyaknya modal yang harus dikeluarkan untuk memulai bisnis ini sehingga kapan saja kamu dapat memulainya dengan modal sekecil apapun. Untuk mencari klien, kamu dapat menawarkan menjadi asisten pribadinya dari kolega kerja kamu, teman, dan relasi lainnya.

3. Event Organizer atau Wedding Organizer

Tidak disangka ternyata menjadi EO atau WO itu modalnya cukup minim. Kenapa dikatakan demikian? Kamu hanya perlu modal untuk mencari klien saja, biasanya klien bayar dan dari situ kamu dapat memulai pekerjaan kamu sebagai pengatur acara besar ataupun acara pernikahan seseorang.

Kalau kamu bingung untuk memulainya, ingatlah untuk selalu membuka profil bisnis di media sosial, gambar-gambar mengenai event maupun tentang pernikahan dapat kamu ambil di tempat penyedia gambar gratis. Lalu kamu desain semenarik mungkin dan terus giat melakukan promosi untuk kemudian menciptakan closing deal hingga klien membayar down payment kamu bisa lakukan reservasi acara dan tempat.

4. Konsultan Profesional

Konsultan profesional itu ya ditujukan untuk orang-orang profesional. Inilah peluang yang min Ribrick tidak pernah lihat sebelumnya, tetapi ternyata pangsa pasarnya cukup besar. Orang-orang profesional pun terkadang butuh konsultan terhadap sesuatu, entah itu permasalahan mental, hubungan, atau yang berkaitan dengan pekerjaan. Kamu dapat mewadahi keinginan mereka untuk mencapai sesuatu dengan memberikan konsultasi.

Enaknya adalah kamu bahkan tidak perlu modal sama sekali ya, mungkin hanya ilmu saja yang kamu pendam. Apa yang menjadi keahlian kamu itu kamu bisa memberikan jasa konsultasi ke orang lain. Contohnya, min Ribrick sangat paham terhadap teknologi, bisnis, dan bahkan ke ranah sains. Oleh karena itu, bisa saja min Ribrick memberikan jasa konsultasi terkait ketiga hal tersebut kepada orang-orang yang saat ini sedang bingung atau punya masalah, entah itu ingin dibuatkan model bisnis yang menguntungkan, atau mau cari tahu framework teknologi termutakhir, berita-berita terkini bisnis, bisa saja konsultasikan langsung.

Kurang lebih seperti itulah model bisnis menjadi konsultan, kamu dapat mencari klien melalui relasi ataupun menggunakan media promosi seperti jejaring sosial untuk memperluas target konsumen kamu. Jangan lupa juga untuk membuat website serta profil bisnis media sosial. Selain itu kamu juga dapat memanfaatkan menggunakan media periklanan untuk mempromosikan jasa konsultasi kamu lebih lanjut.

5. Bimbel Online dan Jasa Tutor

Di Indonesia, sekarang ini justru lebih banyak jumlah penduduk yang berusia di bawah 24 tahun, hal ini memungkinkan kamu menggaet pasar dengan membuka bimbingan kelas secara online dan menjadi jasa tutor privat apabila diperlukan. Sebagai salah satu skenario bonus demografi, peluang pasar yang menyasar pada generasi Z tidak akan terelakkan, kamu akan ketinggalan zaman apabila tidak beradaptasi pada perubahan ini.

Bimbel online itu sangat mudah dan tidak membutuhkan kapital modal yang tinggi juga. Hal yang harus kamu utamakan dan pertama kali lakukan adalah membuat rencana pembelajaran dan kemudian merekam diri kamu mengajarkan hal tersebut, kamu harus beranggapan bahwa kamera adalah murid-murid kamu. Bimbel online seperti ini itu sangat scalable, karena kalau kamu sudah menyusun semua rencana, mengeksekusi pembelajaran, membuat banyak materi untuk dipelajari, kamu bahkan bisa buat startup education technology seperti Ruangguru dan Zenius. Apalagi model bisnis seperti ini juga tidak akan ada matinya, karena anak-anak butuh bimbingan belajar, butuh suplemen pelajaran tambahan.

Bahkan ketika kamu sudah merekam dan menyusun materi dengan mengikuti alur perkembangan zaman, kamu tidak perlu repot lagi harus mengajar satu per satu setiap harinya. Kecuali memang kamu ingin menjadi guru privat yang mana sesuai dengan namanya yaitu kamu akan melakukan tutoring one on one.

6. Personal Chef atau Juru Masak Pribadi

Namanya juga manusia pastinya butuh makanan. Makanan di seluruh dunia ini sangat beragam sob, bahkan kamu akan mempelajari dan menemukan rasa-rasa baru di seluruh dunia dengan banyaknya resep yang tersedia. Mulai dari makanan lokal Indonesia, makanan ala India, Jepang, Korea Selatan, China, Thailand, dan masih banyak lagi makanan ciri khas unik. Kamu dapat menjadi juru masak bagi orang-orang yang kelasnya elit atau memang mereka malas memasak dan memilih makanan high class buatanmu.

Memang kendalanya adalah kamu harus jadi chef yang profesional, kalau memang latar belakang kamu adalah pendidikan tataboga ataupun hal yang berkaitan pada lini karier chef profesional, kamu dapat menjadi juru masak pribadi gengs. Di dunia memang ada sistem klasifikasi chef profesional yang menjadi tolak ukur makanannya pasti berkelas dan enak banget. Sistem tersebut adalah michelin star, yap, perusahaan produksi ban yang banting setir menjadi perusahaan pemeringkatan chef dan restoran berkelas.

Di Indonesia ada beberapa restoran dengan bintang michelin star yang tinggi, sudah pasti makanannya enak, tetapi harganya juga pasti mahal. Tidak heran, orang-orang kaya raya biasanya akan lebih memilih untuk merekrut chef pribadi atau juru masak yang mereka andalkan setiap hari untuk memasak makanan enak dan berkelas layaknya orang-orang kaya dari barat.

Potensi pendapatan kamu menjadi juru masak pribadi itu bisa melebihi chef restoran lho… Soalnya sifatnya pribadi dan sangat eksklusif. Biasanya yang akan rekrut kamu adalah orang-orang kelas atas dan elit politik. Di Indonesia, tidak jarang juga kok orang yang sangat membutuhkan juru masak pribadi di rumahnya. Kamu bisa meraup keuntungan hingga puluhan juta per bulannya, yang terpenting hasil masakanmu sesuai dengan selera klien.

7. Jasa Catering

Orang-orang sangat sering meremehkan bisnis catering dan snack ringan. Padahal pada kenyataannya, kapitalisasi pasar dari model bisnis ini cukup besar juga. Kamu tidak akan percaya pastinya kalau ternyata jasa catering ini akan membantu kamu meraup puluhan hingga ratusan juta rupiah per bulannya. Apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya, demand untuk catering dan snack itu sangat tinggi sekali.

Kenapa catering dan snack min Ribrick jadikan satu? Pada dasarnya itu proses bisnisnya sama, kamu hanya harus memproduksi makanan dalam jumlah besar. Dan biasanya kamu akan melayani klien dalam pembuatan makanan untuk pesta pernikahan, pesta ulang tahun, pesta perpisahan, dan acara keagamaan, dan event lainnya yang mana jumlah orang terlibat bisa mencapai ratusan hingga ribuan.

Modal yang harus dikucurkan untuk membuka usaha catering tidak begitu besar juga, terkadang dengan 5 juta rupiah saja kamu sudah cukup untuk melayani kurang lebih 100 orang, bergantung pada beberapa faktor sih seperti makanan apa yang dihidangkan, jumlah tenaga kerja, dan tenggat waktu. Intinya, modal tidak begitu besar, karena kalau kamu beli bahan makanannya dalam jumlah besar itu pasti dikasih potongan atau diskon juga.

Kamu hanya perlu mengelola bisnis ini dengan baik dan mencari klien sebanyak-banyaknya. Walaupun dengan banyak saingan, kamu harus tetap yakin karena rezeki pasti ada saja. Tawarkan selalu ke relasi, teman dekat, keluarga, kerabat, dan semua insan yang pernah kamu kenal di dunia ini. Atau kamu dapat memasarkannya di media sosial dan beriklan. Pangsa pasar catering di kota besar itu ya cukup besar, jadi kalau bisa kamu itu mendapatkan kue sekian persen saja sudah ratusan juta omset kamu.

8. Pelatih Musik

Mungkin kamu tidak sadar bahwa hobi kamu untuk memainkan alat musik ternyata bisa diuangkan juga. Ya selain jadi musisi, sebenarnya ada lagi yang dapat menguntungkan kamu lebih banyak. Yaitu, membuka pelatihan musik untuk orang-orang yang ingin belajar musik.

Ah ngapain buka latihan musik, kan sudah ada YouTube, orang bisa belajar dari situ. Inilah persepsi yang salah dan mindset yang harus dihilangkan kalau kamu mau memulai bisnis. Coba hilangkan pikiran negatif terlebih dahulu, buat rencana sematang mungkin, dan tanamkan dalam diri kamu tujuan berbisnis. Sama seperti jasa konsultan yang telah min Ribrick sebutkan, di dunia ini pasti ada saja orang-orang yang ingin belajar, mereka semangat untuk belajar namun bingung karena semangat tersebut tidak dapat dicurahkan akibat tidak ada yang mengajari. Kalau belajar dari YouTube tidak mungkin karena waktu mereka padat dan tidak akan bisa fokus kecuali diajarin secara private.

Kalau kamu punya keterampilan musik ya boleh dicoba, semakin besar nama kamu di bidang musik, misal kamu adalah musisi musiman yang suka manggung pada konser, maka semakin besar pula peluang kamu mendapatkan banyak klien. Bahkan kalau klien sudah banyak kamu dapat membuka ruang pelatihan khusus untuk melatih cara memainkan alat-alat musik ke orang-orang.

9. Surveyor Konstruksi

Biasanya hal seperti ini hanya anak Teknik Sipil yang tahu, memang menjadi surveyor konstruksi baik itu gedung maupun infrastruktur jalan merupakan satu gabungan bisnis kontraktor. Fokus kamu ya tidak perlu menjadi kontraktornya karena menjadi kontraktor butuh modal yang sangat besar, kamu bisa menjadi lembaga surveyor konstruksi independen. Kamu cuma butuhkan ilmu, pengalaman, dan alat-alat saja. Ibaratnya kamu seperti subkontraktor.

Ternyata modalnya cukup kecil juga gengs, kalau kamu tidak jadi kontraktornya langsung dan hanya menjadi subkontraktor yang fokus pada surveyor, kamu bisa meraup keuntungan hingga ratusan juta rupiah. Walaupun memang alat dan pengetahuannya itu sangat mahal.

10. Desain Grafis dan Konsultan Branding

Orang-orang saat ini banyak yang ingin berbisnis, termasuk kamu juga kan. Tapi apa sih fundamental bisnisnya? Pastinya sebuah bisnis harus mempunyai logo, waduh bakal fatal banget kalau kamu tidak punya logo untuk bisnis kamu. Tapi kamu harus cari ke mana? Ya tentu saja ke PT Ribrick Teknologi Utama alias menggunakan jasa kami, konsultasikan lebih lanjut secara gratis ke 0878–7163–8910 (Sarfina).

Ettss, malah jadi promosi kan, hehe. Kamu juga bisa buat jasa desain grafis ataupun konsultan branding. Pokok pekerjaan kamu nantinya adalah mendesain logo sesuai dengan keinginan klien, menyusun brand identity dan brand board. Mengaplikasikan logo tersebut ke dalam beberapa produk klien. Dan masih banyak hal lainnya yang berkaitan dengan branding. Terutama konsep desain grafis sendiri juga cukup luas, mulai dari pembuatan konten, menjadi desainer fashion, desainer web juga bisa.

Peluang ini sangat besar, sesuai dengan poin pertama tadi bahwa banyak sekali bisnis yang tumbuh di Indonesia dan seluruh dunia. Kamu dapat meraup keuntungan hingga jutaan rupiah atau bahkan miliaran rupiah. Tergantung pada kualitas yang kamu berikan dalam mendesain logo atau produk kepada klien, apalagi kalau kliennya berasal dari perusahaan bonafit.

11. Instruktur Fitness dan Kesehatan

“Kesehatan adalah yang utama.” Kurang lebih begitulah kata orang-orang. Maka dari itu tidak sedikit juga orang yang memerhatikan kebugaran dan kesehatan tubuh mereka melalui olahraga yang bisa dilakukan secara calisthenics maupun ngegym. Kalau kamu punya keterampilan menjadi instruktur fitness dan punya badan yang bagus, kamu dapat mengajarkan ke klien bagaimana caranya menguruskan badan, atau membuat badan lebih berisi, atau bagaimana caranya mempunyai tubuh yang seksi kepada klien. Inilah yang penting, karena kamu mengandalkan insecurity dari klien, kamu dapat meraup keuntungan hingga puluhan juta rupiah.

Di salah satu tempat gym favorit admin, ternyata biaya untuk membayar personal trainer atau instruktur fitness itu adalah 12 juta untuk sebulan pertemuan. Cukup mahal ya. Tapi memang begitulah kurang lebih rentang harganya. Biasanya memang orang yang ke gym elit adalah orang kaya juga yang siap membayar instruktur fitness untuk membuat tubuh mereka menjadi lebih bagus.

Kamu manfaatkan kesempatan ini dan membuka bisnis menjadi instruktur yoga, fitness, kesehatan, dan hal lainnya yang berkaitan pada kebugaran. Selain karena fleksibilitas yang ditawarkan, kamu tidak perlu pekerjaan yang berat, karena kamu hanya memainkan otot kamu, dan keterampilan mengajar kamu.

12. Production House

Pernah gak sih kamu lihat iklan dari sebuah brand yang sering tayang di televisi? Ada hal menarik yang harus kamu tahu. Kebanyakan dari brand atau merk perusahaan ternama tersebut justru melakukan outsourcing untuk produksi video komersial ke sebuah bisnis production house. Kamu dapat manfaatkan ini untuk membuka bisnis production house kamu sendiri dan menggaet banyak klien.

Lagi-lagi, modal yang harus dikeluarkan tidak besar, karena ini kebanyakan berkaitan pada pembuatan 3D Motion Graphics, Commercial Videos, dan Creative Advertising. Kamu hanya perlu keterampilannya saja. Kamu bisa menawarkan secara freelance terlebih dahulu ke orang-orang terdekat melalui relasi dan networking, barulah ketika kamu sudah terkumpul modal dikit, kamu membeli legalitas perusahaan untuk kemudian kamu pitch ke perusahaan besar yang siap membayar kamu lebih banyak dan membuat kamu cuan tinggi juga.

13. Jasa Penerjemah Bahasa

Sekarang ini orang-orang biasanya mencari jasa penerjemah baik penerjemah tersumpah ataupun tidak untuk menerjemahkan dokumen legal, menerjemahkan artikel, atau kebutuhan lainnya. Bahasa di seluruh dunia ini sangat banyak, kamu juga bisa mendapatkan potensi klien dari luar negeri dikarenakan sifatnya jasa penerjemah ini dibutuhkan di seluruh tempat di dunia. Min Ribrick sendiri saja pernah mendapatkan request dari salah satu klien dari Indonesia untuk menerjemahkan dokumen legal perusahaan ke bahasa Jepang. Kemudian min Ribrick juga pernah terima request dari orang Albania tentang terjemahan ke Indonesia.

Jasa penerjemah ini ternyata banyak sekali ya yang bisa dikembangkan. Dikarenakan tidak hanya menjadi penerjemah dokumen, kamu juga dapat menemani perjalanan seorang bos eksekutif yang membutuhkan penerjemah untuk kebutuhan bisnis secara langsung kamu jadi real-time interpreter and translator.

Kamu harus punya keterampilan bahasa dan kefasihan tingkat tinggi karena klien biasanya adalah orang profesional. Kecuali jika yang diminta adalah penerjemahan artikel yang biasanya nonformal. Untuk memudahkan bisnis kamu agar lebih dipercaya oleh klien, kamu dapat mendaftarkan diri menjadi penerjemah tersumpah. Penerjemah tersumpah pada dasarnya penerjemahan dokumen legal dengan prosedur resmi dan panjang, kamu harus benar-benar bertanggung jawab atas apa yang kamu terjemahkan sehingga benar dan tidak bermaksud mencoreng nama baik klien. Salah kata sedikit saja bisa dipidanakan.

Selain jadi penerjemah tersumpah (sworn translator) yang membutuhkan biaya modal lumayan juga, untuk sementara kamu dapat cari klien yang memang membutuhkan penerjemahan dalam bentuk prosedur nonformal. Seperti pembuatan subtitle film. Intinya adalah jumlah omset yang kamu dapatkan akan sangat lumayan karena keterampilan bahasa itu sangat sulit dipelajari, kamu bisa dapat puluhan juta hingga ratusan juta per bulannya.

14. Vlogger dan Blogger

Banyak sekali orang yang ingin menjadi vlogger dan blogger karena dinilai pendapatannya sangat tinggi, melebihi direktur utama perusahaan besar di Indonesia. Ya memang ada betulnya sih, tetapi tidak mudah untuk melakoni bisnis atau profesi sebagai vlogger maupun blogger. Kamu akan berhadapan pada ketekunan dan konsistensi dalam pembuatan konten. Apalagi tekanan untuk memberikan yang terbaik setiap harinya, kalau kamu tidak senang dengan kegiatan seperti ini, kamu bisa jadi depresi.

Vlogger ternama contohnya adalah Jacksepticeye yang membuat konten video mengenai games setiap harinya. Jacksepticeye sangat sukses karena berhasil menghibur penonton yang menonton video tersebut. Belum lagi biasanya seorang vlogger di YouTuber ataupun platform video lainnya itu mempunyai aura humoris.

Kenapa menjadi vlogger bisa sukses? Hal ini ada kaitannya dengan keteratarikan manusia untuk melihat kehidupan manusia lain, entah itu mereka sukses dalam kehidupan, ataupun melarat dalam kehidupan. Sebagai makhluk sosial, manusia suka mengobservasi lingkungan sekitar dan kehidupan orang. Sama halnya seperti tetangga, yang suka ngomongin orang lain, ups.

Kemudian ada juga sebagai blogger. Blogger ama Vlogger tidak berbeda jauh. Kalau vlogger (video blogger) itu fokusnya pada pembuatan video, sedangkan blogger pada pembuatan konten artikel. Untuk menjadi blogger cukup mudah dan tidak membutuhkan modal yang cukup besar karena kamu hanya membutuhkan alamat domain serta hosting. Dari situ kamu bisa menyusun strategi mulai dari perencanaan SEO dan SEM untuk mendatangkan pengunjung dan menghasilkan uang.

Darimana blogger dan vlogger menghasilkan uang? Dari iklan. Kamu dapat mendaftar menjadi publisher Google Adsense dan setiap kali konten baik video maupun artikel kamu dilhiat ataupun iklan yang tersemat diklik oleh orang lain akan mendatangkan cuan untuk kamu. Dengan modal kecil dan sedikit kemudahan, tentu saja pilihan ini seringkali digemari oleh anak muda.

15. Membuat Buku Karangan Sendiri

Kalau kamu memang punya pengalaman yang ingin dibagikan kepada orang lain karena kamu menilai bahwa pengetahuan kamu berharga dan belum ada orang yang ingin menyampaikannya. Atau kamu adalah orang yang pandai dalam mengarang cerita-cerita hebat mulai dari romansa, komedi, fiksi ilmiah, aksi, dan kriminal, kamu dapat menulis novel dan mempublikasikannya ke media publikasi untuk mendapatkan banyak cuan.

Membuat buku modalnya tidak begitu besar juga, kenapa min Ribrick katakan demikian? Karena biasanya sudah ada yang mengatur dari perusahaan publisher, kamu hanya terima royalti. Mungkin ada bayar upfront dari pembuatan banyak eksemplar, tetapi ya jika kamu yakin bahwa buku kamu bagus, baik konten dan juga covernya, silakan saja kamu mencoba membuat buku dan menjualnya.

Ada alternatif lain sih, yaitu membuat buku digital saja. Membuat buku digital ini bisa dibilang adalah langkah paling efisien. Dalam bentuk digital, kamu dapat memasarkannya ke mana saja. Bahkan mendapatkan pembaca dari luar negeri juga adalah kemungkinan yang tidak boleh dilupakan. Tidak ada biaya listing, tidak ada harus sharing profit, semua dikendalikan olehmu. Dan enaknya lagi adalah kamu punya media penyimpanan dari Google Drive pastinya kan, tinggal upload saja di situ.